3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Kodim 1610/Klungkung Dukung Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik

Senin, 24 Juni 2019 12:08:21 - Oleh : admin - Dibaca : 19 kali

Kodim 1610/Klungkung Dukung Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik

 

Kodim 1610/Klungkung mendukung dan berpartisipasi dalam Kegiatan Jumat Bersih yang dilaksanakan di  Pasar Tusan, Banjarangkan, Klungkung, Jumat (21/06). Kegiatan ini difokuskan untuk melakukan pembersihan sampah utamanya sampah plastik.  

Pembersihan sampah plastik merupakan implementasi dari  Gerakan Semesta Bali Resik Sampah Plastik yang sekaligus sebagai tindak lanjut dari penerapan Peraturan Gubernur Bali (Pergub) 97 tahun 2018 tentang pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai.

Sebagaimana diketahui kegiatan bersih-bersih pasar dari sampah plastik dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten, Kota yang ada di wilayah Bali. Di Kabupaten Klungkung kegiatan Jumat bersih dilaksanakan di Pasar Tusan, Kecamatan Banjarangkan mendapat dukungan penuh dari Kodim 1610/Klungkung, Polres Klungkung, ASN Kabupaten Klungkung, serta warga masyarakat Desa Tusan, Banjarangkan.

Asisten III Bupati Klungkung I Wayan Sumarta, S.Sos., mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mensukseskan Program Gubernur Bali terkait Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik, dengan mengurangi penggunakan plastik serta penempatan sampah organik dan non organik harus dibedakan, sehingga akan mengurangi timbunan dari sampah plastik.

Selanjutnya hal yang diinginkan adalah untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Sementara itu Danramil 1610-02/Banjarangkan Kapten Inf I Ketut Suwarta mengatakan partisispasi dan dukungan TNI di wilayah Klungkung terkait kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini merupakan perintah Komando Atas dalam hal ini Kodam IX/Udayana, untuk mendukung penuh program tersebut.

Kodim beserta jajaran mengerahkan personel secara maksimal untuk membantu membersihkan Pasar Tusan dari sampah plastik, sehingga pembeli maupun penjual lebih nyaman dalam bertransaksi jual beli, serta mengajak masyarakat lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten III Bupati Klungkung, Kapolres Klungkung, Danramil Banjarangkan, Camat Banjarangkan, Kapolsek Banjarangkan, Kepala UPT Kecamatan Banjarangkan, Perbekel seKecamatan Banjarangkan, Bendesa Adat Desa Tusan serta seluruh personil gabungan berbagai intansi yang berjumlah 600 orang.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17