3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Dukung Festival Selat Rosemberg, SPKKL Tual Bakamla Bersihkan Sampah Kepulauan Kei

Senin, 24 Juni 2019 12:25:42 - Oleh : admin - Dibaca : 10 kali

Dukung Festival Selat Rosemberg, SPKKL Tual Bakamla Bersihkan Sampah Kepulauan Kei

Seluruh personel pengawak Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla bersama beberapa instansi lainnya ambil bagian dalam Festival Selat Rosemberg melalui kegiatan bersih pantai dan laut yang diadakan Politeknik Perikanan Tual, di Kepulauan Kei, Tual, sejak Jumat hingga Minggu (23/6).

Selain SPKKL Tual, ikut serta memberikan dukungannya yaitu Lanal Tual, PSDKP Tual, Basarnas Tual, Pemda Maluku Tenggara, Pemda Kota Tual, WWF, Diving Club Kota Tual Maluku Tenggara dan beberapa organisasi Lokal pemerhati lingkungan.

Menurut Direktur Politeknik Perikanan Tual, kegiatan Festival Selat Rosenberg sudah dimulai sejak Tahun 2006,  dan rencananya akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dengan melibatkan Instansi terkait. 

Adapun pada kegiatan di tahun 2019 ini, titik lokasi kegiatan berada pada 2 wilayah yakni Kabupaten Maluku tenggara dan Kota Tual, dengan melakukan pembersihan sampah plastik, bukan hanya di pinggiran pantai namun juga sampah di laut. Untuk itu diterjunkan pula beberapa perenang yang berperan melakukan pembersihan di laut.

Menanggapi pertanyaan salah seorang jurnalis dari Humas Politeknik Perikanan Negeri Tual, Kepala SPKKL Tual Mayor Bakamla Rizal Ufer Suat, S.Pi mengatakan

bahwa kesadaran masyarakat tentang dampak pencemaran lingkungan masih minim, terutama ketidakpahaman masyarakat tentang sampah tidak terurai yang dapat memberikan kerusakan pada lingkungan seperti sampah plastik, styrofoam dll. 

Karena itu, kami sangat antusias dengan kegiatan semacam ini, yang dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk peduli pada kebersihan laut dan pantai di Kepulauan Kei, Kota Tual dan Maluku Tenggara, ujarnya.

Dikatakannya pula, ini adalah juga salah satu tanggungjwab Bakamla untuk menjaga Laut indonesia terhindar dari pencemeran limbah. 

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17