3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Babinsa Baratan Kodim 0824/Jember Sekolah Lapang Membuat Pesnab Bersama Gapoktan Cahaya Tani

Selasa, 25 Juni 2019 11:58:10 - Oleh : admin - Dibaca : 18 kali

Babinsa Baratan Kodim 0824/Jember Sekolah Lapang Membuat Pesnab Bersama Gapoktan Cahaya Tani

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dibidang pengetahuan pertanian dan obat-obatan pertanian, dilakukan sekolah-sekolah lapang dengan langsung praktek bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), termasuk Babinsa Kodim 0824/Jember.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Baratan Serka Luber Tegu dan Serka Suwignyo pada Senin (24/6) Pukul 09.00 Wib, yang melakukan praktek pembuatan pestisida nabati (Pesnab) dengan bahan dari daun tumbuh-tumbuhan dan umbi-umbian, guna melindungi tanaman dari gangguan hama serangga secara organik.

Praktek pembuatan Pesnab tersebut dilakukan di rumah salah satu anggota Gapoktan Cahaya Tani rumah Rohima Jln Slamet Riyadi Gang Salon Yudi,  bersama 40 orang anggota Gapoktan Cahaya Tani Kelurahan Baratan Kec Patrang Kab Jember, hadir sebagai pemateri Yuli S dari Dinas Pertanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Pemkab Jember didampingi PPL Ningrum S.

Komandan Koramil 0824/01 Patrang Kapten Inf Sumaryono terkait kegiatan tersebut dalam konfirmasinya membenarkan adanya kegiatan Babinsa dalam Sekolah Lapang tersebut, disamping dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta wawasan bidang pertanian, langkah-langkah kembali ke alam termasuk dalam mengatasi hama tanaman dari jenis serangga tersebut akan sangat mengurangi pemakaian bahan kimia obat-obatan dalam kandungan padi petani nantinya.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar, terkait kegiatan jajarannya tersebut memberikan apresiasi kepada Babinsa yang melaksanakan pendampingan termasuk pada pembuatan-pembuatan pupuk dan obat-obatan organik tersebut, keuntungan dari kegiatan terebut tentunya pengetahuan yang dapat dijadikan pada tugas-tugas pendampingan, maupun akan bermanfaat pada diri kita sendiri apabila punya lahan garapan pertanian.

Langkah dalam penanganan hama tanaman padi, saya sangat berharap para pertani mampu berkreasi dengan penanganan melalui cara-cara organik, guna meminimalisir kandungan zat kimia pada gabah dan beras sebagai hasil panennya nanti, sehingga lebih menyehatkan kita dan generasi kita yang mengkonsumsinya. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember.

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17