3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Tingkatkan Profesionalisme Penanganan SAR Kelas Dunia, TNI AL dan Russian Navy Laksanakan Latma di Yogyakarta

Selasa, 25 Juni 2019 14:27:53 - Oleh : admin - Dibaca : 13 kali

Tingkatkan Profesionalisme Penanganan SAR Kelas Dunia, TNI AL dan Russian Navy Laksanakan Latma di Yogyakarta

Mengawali pelaksanaan latihan bersama antara TNI Angkatan Laut dengan US Navy yang diberi sandi CARAT (Coorporation Af Loat Readiness And Training) Tahun 2019 , Satgas UT ENCAP (Engineering Civic Action Program) yang terdiri dari gabungan TNI AL/Marinir gabungan dari Batalyon Menbanpur 2 Mar  dan US NAVY Mobile Construction Battlion 4 (NMCB 4) telah memulai program renovasi gedung SDN Duduksampeyan di Gresik, beberapa waktu lalu.

Program renovasi yang sudah dimulai sejak tanggal 17 Juni ini, ditargetkan selesai pada tanggal 2 Agustus 2019 bersamaan dengan pelaksanaan Carat 2019. Sementara itu menurut rencana Satgas UT ENCAP akan melaksanakan pekerjaan pembangunan ruang kelas ukuran 7 m x16 m, dengan satu ruangan dilengkapi instalasi untuk mendukung 20 buah komputer standar pengujian dari Dinas Pendidikan.

Menurut Kapten Mar Maykel Indra N yang kesehariannya menjabat sebagai Pasiops Yon Zeni 2 Mar selaku Dan UT ENCAP, Prajurit Menbanpur 2 Mar selama kegiatan dibekali dengan material Tenda Peleton, Meja Lapangan, Fielbed dan juga Toolkit serta kendaraan Truck Liaz, Truck Izuzu, Dump Truk Hyna, Ambulance, dan juga Jeep KIA masing masing 1 Unit, untuk menunjang jalannya latihan tersebut.

"Sejauh ini sejak dimulainya pekerjaan renovasi gedung SDN Duduksampeyan Gresik, TNI AL dalam hal ini Marinir mampu bekerja sama dengan baik dan kompak dengan tim US Navy. Saya harap kerjasama ini dapat terjalin baik selama renovasi berlangsung sehingga Satgas UT ENCAP bisa memenuhi target yang ditentukan ", terang Kapten Mar Maykel Indra N.

Sebagaimana pernah diberitakan jika TNI AL dan US Navy telah mencapai kesepakatan mengenai rencana program Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness And Training (Carat) 2019. Kesepakatan itu ditandatangani oleh kedua belah pihak pada saat rapat penutupan Final Planning Conference (FPC) di Hotel JW Marriot Surabaya pada akhir April lalu.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL dan juga US Navy mengenai doktrin taktik dan teknik peperangan laut, operasi amfibi dan penanggulangan  bencana  alam. Selain itu juga untuk meningkatkan hubungan bilateral antar Angkatan Laut kedua negara, dengan prinsip saling menghormati dan menghargai sesama negara yang berdaulat.

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17