3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Danyon Kesehatan 2 Marinir Ikuti M-Mert Di Negara Thailand

Kamis, 27 Juni 2019 08:54:52 - Oleh : admin - Dibaca : 14 kali

Danyon Kesehatan 2 Marinir Ikuti M-Mert Di Negara Thailand

Komandan Batalyon Kesehatan (Danyonkes) 2 Mar Letkol Laut (K) dr. Amir Surya Sp. M., M. Tr. Hanla., melaksanakan latihan Tim Tanggap Darurat Medis Militer "Military Medical Emergency Response Team" (M-MERT) di negara Thailand, Rabu (26/6).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 17 sampai dengan 21 Juni 2019 diikuti dari perwakilan dari Negara Anggota ASEAN dan Mitra Dialog ASEAN, termasuk Australia, Cina, India, Jepang, Selandia Baru, Republik Korea, Federasi Rusia dan Amerika Serikat. Dari Indonesia diwakili oleh Komandan Batalyon Satuan Kesehatan dari TNI antara lain dari Kementrian Pertahanan, Pusat Kesehatan Mabes TNI, TNI AD diwakili Danyonkes Kostrad, dari TNI AL diwakili Danyonkes 2 Mar dan dari TNI AU diwakili Danyonkes TNI AU.

Kegiatan disana meliputi latihan, penyiapan obat obatan dan peralatan pendukung kesehatan untuk penanganan awal (medicines and medical supplies for first aid), penyiapan perlengkapan dikendaraan ambulance (equipment in emergency ambulance), set up tenda untuk Rumah Sakit Lapangan dan penataan peralatan lainnya, pelaksanaan penilaian pasien (Triage for Patient), perawatan pasien di rumah sakit lapangan (treatment patient in field hospital), pemindahan ke rumah sakit (transfer the casualty to the hospital).

Pada kesempatan tersebut, Danyonkes 2 Mar menyampaikan bahwa latihan ini merupakan latihan yang menambah pengalaman. Tujuan dari pelatihan ini untuk bertukar pengalaman dan teknik medis di antara anggota kesehatan militer di Asean dan untuk bersama-sama merevisi draft awal buku pegangan MERT untuk selanjutnya disetujui dan secara praktis digunakan di masa depan.

"Pengalaman ini akan disampaikan kepada prajurit Batalyon Kesehatan Marinir khususnya Yonkes 2 Mar agar kedepan  prajurit Yonkes 2 Mar mampu dan profesional dalam menanggapi tugas kedepan," tambah Danyonkes 2 Mar.

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan