3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Satkes Kodiklatal Turut Partisipasi Dalam Penanganan Korban Operasi Gabungan Amphibi

Selasa, 16 Juli 2019 11:16:29 - Oleh : admin - Dibaca : 17 kali

Satkes Kodiklatal Turut Partisipasi Dalam Penanganan Korban Operasi Gabungan Amphibi

Satuan Kesehatan (Satkes) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) yang tergabung dalam Satuan Tugas Dukungan Kesehatan (Satgasdukkes) Latihan Armada Jaya ke-37 Tahun 2019 turut berpartisipasi  dalam penanganan korban Operasi Gabungan Amphibi dalam rangka merebut kembali wilayah yang dikuasai musuh sekaligus menegakkan kembali Negara kesatuan Republik Indonesia.

Pelaksanaan  Operasi  Gabungan Amphibi tersebut dilaksanakan setelah Panglima Komando Tugas Gabungan Amphibi (Pangkogasgabfib) Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., Msi  memberikan maklumat operasi pendaratan Amphibi  dari KRI Makasar -590 kepada seluruh prajurit Marinir sebagai pasukan pendarat.

Adapun pasukan pendarat marinir tersebut selain dari KRI Makasar - 590 juga dari KRI teluk Banten-516. Scenario penanganan korban diawali dengan perintah dari Pangkogab Laksda TNI Dedy Yulianto kepada Dansatgusdukkes  Kolonel Laut (K) dr. Ketut Tirka N Sp.J untuk melaksanakan Evakuasi  Medis Udara (EMU) melalui Helly Bell HU 4207 dari Banongan ke KRI dr.Suharso-990 dengan korban Pasukan pendarat yang keracunan makanan akibat sabotase musuh. Selain karena keracunan makanan evakuasi dari darat tersebut juga menangani korban patah tulang korban akibat pertempuran.

Korban selanjutnya adalah keracunan CO2 dari penyelaman di KRI Teluk Banten -516, evakuasi ini juga menggunakan Helly Bell 4207. Belum selesai penanganan korban keracunan CO2 disusul dengan penanganan korban luka bakar dari Unsur KRI Makasar-590. Adapun korban tersebut dievakuasi dengan Evakuasi Medis Laut (EML)  menggunakan sekoci KRI Makasar.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak