3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Sungai Bersih Pertanda Masyarakat Peduli Lingkungan

Jum`at, 19 Juli 2019 15:13:28 - Oleh : admin - Dibaca : 445 kali

Sungai Bersih Pertanda Masyarakat Peduli Lingkungan

Koramil 10/Selomerto, Polsek, masyarakat Desa Candi dan Komunitas Peduli Sungai Perjaka (Persatuan Jaga Kali) melaksanakan kegiatan karya bakti  (Jumat Bersih) sepanjang sungai Kaliputih Selomerto. Dengan sasaran membersihkan sungai dari sampah, menanam pohon. Jumat (19/7)

Kegiatan diawali dengan apel bersama dan dilanjutkan pembersihan, dengan alat seadanya berupa parang dan sabit, cangkul Babinsa dan warga secara bergotong royong bahu membahu bersama warga mengangkat sampah dan mengumpulkannya di tepian sungai untuk kemudian dibuang dengan cara ditanam agar bisa dimanfaatkan sebagai kompos.

Kapten Inf Kusno Miharto selaku Danramil Selomerto menghimbau kepada warga masarakat untuk peduli dengan lingkungan, tidak membuang sampah disungai sehingga air bersih jaga kelestarian lingkungan, , sehingga sungai bersih, air lancar dn tidak tercemar kotoran/sampah dn tidak menimbulkan banjir.

Disampaikan pula agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai, karena dampaknya akan menumpuk yang bisa mengakibatkan aliran sungai tersumbat dan menjadi tidak lancar sehingga air sungai bisa meluap dan mengenangi sawah maupun perkampungan, yang fatal lagi berakibat gagal panen.  Disamping itu dengan adanya pembersihan sungai   ekosistem sungai tetap terjaga kebersihannya, karena manfaat dari sungai tersebut akan memberikan ketersediaan air untuk menunjang pada bidang pertanian yang dapat mendistribusikan pengairan ke lahan persawahan milik warga secara maksimal.

Ketua KPS Perjaka Purwono menyampaikan "Air bersih sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat juga, menjaga kebersihan dan memelihara sungai merupakan kewajiban semua pihak, terutama warga yang berada di sekitar sungai. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat lebih peduli terhadap sungai. "Karya bakti bersih sungai ini didukung berbagai pihak, selain masyarakat, ormas juga termasuk dinas kebersihan.

Dengan kerja sama TNI dan masyarakat, dalam waktu singkat, sampah menumpuk di sungai cepat dibersihkan.   meminta seluruh masyarakat untuk saling mengingatkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, khususnya sungai.

Purwono juga mengajak apabila ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai, agar diingatkan dan ditegur sehingga sadar dan tumbuh kepedulian cinta kebersihan.  

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 16 Januari 2020
Panglima TNI–Kapolri bertolak ke Pulau Morotai tinjau prajurit di perbatasan
Senin, 13 Januari 2020
Panglima TNI Dampingi Presiden Tinjau Helikopter Caracal di Halim Perdanakusuma
Jum`at, 10 Januari 2020
Bertemu Panglima TNI, Menlu membahas evakuasi ratusan WNI dari Iran
Jum`at, 10 Januari 2020
Jaga Kedaulatan Indonesia, Panglima TNI Perintahkan 4 Pesawat F16 Patroli Rutin Ke Natuna
Jum`at, 10 Januari 2020
Panglima TNI: Kapal Asing Bisa Lewat di ZEE, tapi Tak Bisa Ambil Ikan