3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Selama 22 Hari Prajurit TNI AL Dan US NAVY Akan Latihan Bersama Dalam Carat 2019

Jum`at, 2 Agustus 2019 13:49:17 - Oleh : admin - Dibaca : 83 kali

Selama 22 Hari Prajurit TNI AL Dan US NAVY Akan Latihan Bersama Dalam Carat 2019

Selama 22 hari kedepan prajurit TNI AL di wilayah Surabaya dan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy),  juga Marinir Amerika Serikat (US Marine Corps) akan bersama-sama terlibat dalam latihan militer bersama yakni Cooperation Afloat Readiness and Training atau disingkat Carat tahun 2019 ini.

Keterangan ini diperoleh saat Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si. secara resmi membuka Latma Carat 2019 di Auditorium Puslatkaprang, Kamis (01/08/2019).

Ikut hadir dalam acara pembukaan Carat 2019 antara lain, Rear Admiral Murray Joe Tynch, selaku Commander Task Force - 73, Mark Mcgovern, Konsulat Jenderal Amerika Serikat. Dari Koarmada II hadir Irkoarmada II, Koorsahli Pangkoarmada II, Asisten Pangkoarmada II, dan para Kasatker Koarmada II.

"Cooperation Afloat Readiness And Training" atau Carat 2019 adalah wujud hubungan bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat dalam bidang pertahanan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerjasama dua negara dalam bidang maritim.

Sementara itu dalam amanat tertulis Asisten Operasi Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. menyampaikan bahwa dengan adanya latihan rutin yang telah dilaksanakan ke-25 kali sejak tahun 1995, sebagai  awal pertama kali diselenggarakan latihan Carat, diyakini bahwa latihan ini akan membangun hubungan bilateral dan juga meningkatkan pengaruh positif dalam rangka memperkuat hubungan antar kedua negara, khususnya TNI AL dan US Navy serta USMC yang selama ini telah terjalin dengan baik.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati kepada seluruh peserta baik dari US Navy maupun TNI AL yang turut berpartisipasi dalam latihan ini, saya juga menekankan agar para peserta memperioritaskan Zero Accident selama melaksanakan latihan ini". Pesan Asops Kasal kepada seluruh peserta Latma Carat 2019.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17