3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Kasdam IM Tatap Muka dengan Orang Tua/Wali Calon Bintara TNI AD

Rabu, 7 Agustus 2019 14:58:31 - Oleh : admin - Dibaca : 47 kali

Kasdam IM Tatap Muka dengan Orang Tua/Wali Calon Bintara TNI AD

Kepala Staf Kodam Iskandar Muda  (Kasdam IM), Brigjen TNI A. Daniel Chardin S.E tatap muka sekaligus memberikan arahan tetang penerimaan Bintara TNI Angkatan Darat (TNI AD) kepada Orang Tua/Wali Calon Bintara Unggulan (Pria) dan Calon Bintara wanita Reguler atau Kowad tahun anggaran (TA) 2019.

Acara tersebut berlangsung di Aula Ajudan Jenderal Kodam Iskandar Muda (Ajendam IM), Banda Aceh, Rabu (7/8)

Kegiatan tatap muka ini merupakan wujud transparasi dalam penerimaan dan seleksi Calon Bintara PK TNI AD TA. 2019. Selain itu, upaya sosialisasi kepada seluruh orang tua/wali calon prajurit, sehingga diperoleh informasi yang sebenar-benarnya tentang proses penerimaan prajurit TNI di Kodam IM.

"Saat ini adalah eranya keterbukaan. Oleh karena itu, setiap proses seleksi penerimaan prajurit harus dilakukan secara objektif dan transparan. Hal ini dilakukan untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya praktek percaloan," jelas Kasdam IM kepada Orang Tua/Wali Calon Bintara.

Kasdam menjelaskan, selama pelaksanaan seleksi sampai dengan masuk pendidikan calon tidak dipungut biaya apapun. Anggaran kegiatan seleksi sudah didukung oleh negara.

"Apabila para orang tua/wali calon menemukan praktek percaloan atau dihubungi oleh oknum-oknum yang menjanjikan bisa meluluskan calon pada pelaksanaan seleksi ini, agar segera melaporkan ke Instansi Militer terdekat. Bila terbukti ada oknum prajurit yang terbukti melakukan percaloan atau bermain kolusi maka akan saya tindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku," tegas Kasdam IM.

Sementara itu, Ka Ajendam IM Kolonel Caj M. Yusuf Nasution. S. Sos. menjelaskan, di tahun 2019 animo pendaftar Calon Bintara PK TNI AD TA. 2019 mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa minat pemuda di wilayah Provinsi Aceh untuk menjadi prajurit cukup besar.

"Berdasarkan Animo, pada tahun 2019 tercatat jalur penerimaan Bintara Unggulan (Pria) diikuti sebanyak 22 orang dan Bintara wanita Reguler 212 orang. Nantinya ada 10 orang Bintara unggulan (Pria) dan 18 orang Reguler Wanita yang mengikuti seleksi ditingkat Pusat," jelas Kolonel Caj M. Yusuf Nasution. S. Sos.

Adapun kriteria calon yang memenuhi standar TNI Angkatan Darat yaitu calon-calon yang memiliki mental kepribadian baik dan tangguh, psikologi yang baik dan emosional yang stabil, kemampuan akademik yang mumpuni serta kesamaptaan jasmani yang prima, yang akan dididik dan dilatih menjadi Prajurit TNI AD.

Kegiatan pemeriksaan awal meliputi beberapa aspek, yaitu pertama adalah Aspek Administrasi, meliputi pengecekan KTP, KK (Kartu Keluarga), ijazah, tinggi, dan berat badan. Kedua adalah Aspek Kesehatan, meliputi pemeriksaan kesehatan umum, bagian atas, bagian bawah, telinga, mata, gigi, dan tensi. Ketiga adalah Aspek Jasmani, meliputi pemeriksaan postur, lari selama 12 menit, pull up dan renang 50 meter.

Kegiatan tatap muka tersebut, Kasdam IM didampingi Asintel Kasdam IM Kolonel Inf Azwar Usman, Aspers Kasdam IM Kolonel Inf Agung Gunawan dan Kajasdam IM S.H Kolonel Inf Parsaoran Sirait.

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Sabtu, 17 Agustus 2019
SIARAN TNI DI RRI PROGRAM 4 TANGGAL 17 AGUSTUS 2019
Jum`at, 16 Agustus 2019
TNI POLRI PILAR NKRI
Kamis, 8 Agustus 2019
Baleho HUT ke-74 RI
Jum`at, 2 Agustus 2019
SIARAN TNI DI RRI PROGRAM 4
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi