3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Sosialisasi Standarisasi Kelengkapan Pertanggungjawaban Keuangan di Lingkungan Kemenhan dan TNI

Rabu, 7 Agustus 2019 16:25:26 - Oleh : admin - Dibaca : 133 kali

Sosialisasi Standarisasi Kelengkapan Pertanggungjawaban Keuangan di Lingkungan Kemenhan dan TNI

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang mengadakan Sosialisasi  Kelengkapan Pertanggungjawaban Keuangan dilingkungan Kementrian Pertahanan (Kemnhan) dan TNI  yang berlngsung di Ruang Rapat Staf Operasi (Rupat Sops) Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepuluan Riau, Rabu (07/8).

Pada acara sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Kepala Keuangan Wilayah Lantamal IV (Kakuil Lantamal) IV Kolonel Laut (S) Gendut Hariyono, M.Akt., Ak.CA., serta didampingi  oleh Kepala Keuangan (Kaakun) Lantamal IV Letkol Laut (S) Misge Bhintarama, S.E., M.Tr. Hanla., CTPM.

Dalam pengarahannya Kakuil Lantamal IV mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan mampu menyamakan pengertian dan keseragaman dalam menyusun dokumen dan bukti-bukti pertanggungjawaban keuangan di lingkungan Mako Lantamal IV sehingga tercapai tertib administrasi keuangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Kolonel Hariyono mengatakan bahwa sosialisasi yang diselenggarakan di Lantamal IV ini dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Pusku Kemenhan RI tentang standarisasi kelengkapan pertanggungjawaban keuangan dilingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam penjelasannya sosialisasi tersebut disampaikan oleh pemapar Mayor Laut (S) Bahagianta Barus, S.E., materianya antara lai :

1.         Mekanisme pembayaran langsung

2.         Uang Persediaan (UP)

3.         ambahan uang persediaan (TUP)

4.         Penerimaan meliputi:

a.         Pendapatan Negara  Bukan Pajak (PNBP)

b.         Hibah

5.         Pengeluaran meliputi:

a.         belanja pegawai

b.         belanja barang

c.         belanja modal/jasa

6.         Dokumen pertanggungjawaban keuangan.

Hadir pada acara tersebut Bendahara Pengeluaran (BP) Akun Mako Lantamal IV, Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) jajaran Akun Mako Lantamal IV, Para juru bayar di jajaran Akun Mako Lantamal, Pasproga Denma Lantamal IV, Personel yang terkait dengan pembuatan Wabku.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak