3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Dandim 0406/Mura Dan Bupati Mura Hadiri Rakor Karhutla Di Istana Negara

Kamis, 8 Agustus 2019 10:57:40 - Oleh : admin - Dibaca : 56 kali

Dandim 0406/Mura Dan Bupati Mura Hadiri Rakor Karhutla Di Istana Negara

Dalam kesempatannya Bupati Musirawas H. Hendra Gunawan didampingi Dandim 0406/Mura Letkol Inf. M. Aan Setiawan, S.Sos., M.I.Pol dan Kapolres Musirawas AKBP Suhendro, SIK, menghadiri langsung undangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk menghadiri rapat dan pengarahan Presiden Republik Indonesia Djoko Widodo perihal pengendalian dan pencegahan Karhutla bertempat di Istana Negara.

Acara yang digelar pada Selasa (6/8) tersebut dihadiri seluruh jajaran pemerintah, TNI dan Polri terkait pencegahan dan pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2019.

Sedangkan untuk wilayah Sumsel yang hadir Gubernur Sumsel, Pangdam II/Swj, Kapolda Sumsel, Danrem 044/Gapo, Bupati OKI, Bupati Muba, Bupati Banyuasin, Bupati Muara Enim, Bupati Ogan Ilir, Bupati OKU dan Bupati Mura, Dandim 0402/OKI, Dandim 0401/Muba, Dandim 0430/Banyuasin, Dandim 0404/Muara Enim, Dandim 0403/OKU, Dandim 0406/Mura, Kapolres OKI, Kapolres Muba, Kapolres Banyuasin, Kapolres Muara Enim, Kapolres Ogan Ilir, Kapolres OKU dan Kapolres Mura.

Presiden RI Djoko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada Panglima TNI, Kapolri, Pangdam, Gubernur, Danrem, dan sejumlah pihak yang terkait dalam pencegahan dan pengendalian terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Jokowi meminta penanganan Karhutla dilakukan sebelum Api membesar. "Saya minta Gubernur, Pangdam, Kapolda, harus kerja dengan berkolaborasi dan kerjasama yang dibantu Pemerintah Pusat, Panglima TNI, Kapolri, BNPB, BPBD. Usahakan jangan sampai kejadian kita baru bergerak", unjarnya.

"Api sekecil apapun segera dipadamkan", kata Jokowi di Istana Negara Jakarta saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Karhutla yang juga dihadiri oleh Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Jokowi juga menyinggung soal aturan main penanganan Karhutla, dia meminta Panglima TNI dan Kapolri mencopot jajarannya yang tidak bisa menangani Karhutla. "Dan aturan main kita tetap, masih sama, saya ingatkan kepada Pangdam, Danrem, Kapolda, Kapolres, aturan main yang saya sampaikan 2015 masih berlaku", ujar Jokowi.

"Yang tidak bisa mengatasi dengan perintah yang sama, copot kalau tidak bisa mengatasi yang namanya Kebakaran Hutan dan Lahan", imbuhnya.

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak