3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Kaskoarmada II Resmi Tutup Latihan Bersama Carat 2019

Kamis, 8 Agustus 2019 14:30:30 - Oleh : admin - Dibaca : 22 kali

Kaskoarmada II Resmi Tutup Latihan Bersama Carat 2019

Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksda TNI Didik Setiyono, S.E.,M.M. diwakili oleh Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E.,M.M. secara resmi menutup kegiatan Satgas Latihan Cooperation Afloat Readiness and Training 2019 (CARAT 2019) antara TNI AL, US Navy, US Marine di Auditorium Puslatkaprang, Koarmada II. Rabu (7/8).

Asops Kasal dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danguskamla Koarmada II menyampaikan bahwa Latihan CARAT 2019 tidak hanya untuk meningkatkan profesionalisme peserta, tetapi juga memberikan dampak positif dan meningkatkan kerjasama yang baik bagi kedua Angkatan Laut kedua negara dalam membentuk latihan bersama sehubungan dengan latihan bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat. Kita semua menyadari bahwa hasil dari latihan bersama ini diharapkan mendukung terlaksananya tugas operasi kedua Angkatan Laut dimasa yang akan datang.

Latihan bersama ini berlangsung dengan sukses dan aman, tidak hanya sukses secara kuantitas melainkan juga dapat meningkatkan kualitas kemampuan Angkatan Laut dan Marinir.

"Suksesnya latihan ini tidak akan terwujud tanpa adanya kedua belah pihak, untuk itu atas nama Kepala Staf Angkatan Laut saya sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas dukungan sehingga latihan bersama ini dapat terlaksana dengan baik. Latihan bersama yang telah terpelihara dengan baik ini agar dapat dipertahankan dan dikembangkan di masa depan", tegas Asops Kasal.

Latihan CARAT 2019 ini adalah latihan yang ke 25 sejak tahun 1995 (awal pertama kali diselenggarakan latihan CARAT) dan sekaligus menandai kerjasama antara Negara Indonesia dan US yang ke 70 tahun.

Latihan CARAT 2019 ini meliputi kegiatan antara lain ENCAP (Engineering Civic Action Programme) yakni program renovasi gedung sekolah SDN Duduk Sampeyan di Gresik, kemudian Fase Laut atau Sea Phase di Laut Jawa  yang bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas, kerjasama, saling pengertian dan saling menguntungkan antara TNI AL dan US. Navy dalam latihan operasi amfibi dan kemampuan peperangan dengan melibatkan KRI Sultan Iskandar Muda - 367, KRI Nala - 363, KRI Sampari - 628, Heli Bell, Heli Panther, CN235  dan CASSA 212; serta USS Montgomery, USNS Fall River, USCGC Stratton, MV. Carolyn Chouest dan Pesud P-8 Poseidon.

Serta berbagai simposium diantaranya Maritime Domain Awareness Symposium, Medical Symposium, Legal Symposium, Womans Leadership Symposium, Submarine Symposium, dan Submarine Symposium, juga Olahraga Bersama.

Ikut hadir dalam acara penutupan tersebut Deputi Commodore CDS 7AS CoCTG CARAT 2019 Capt. Antoinette Mcann, US Marine Attache LtCol Katherine Paik, para peserta Satgas CARAT 2019, dan tamu undangan lainnya.

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak