3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Wara Yogyakarta Ziarah ke Makam Pahlawan TNI AU Ngoto

Kamis, 8 Agustus 2019 15:34:47 - Oleh : admin - Dibaca : 147 kali

Wara Yogyakarta Ziarah ke Makam Pahlawan TNI AU Ngoto

Segenap Wanita Angkatan Udara Yogyakarta melaksanakan ziarah ke Makam Pahlawan Komodor Udara Agustinus Adisutjipto dan Komodor Udara Abdulrachman Saleh di Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto dalam rangkaian kegiatan HUT ke-56 Wara yang jatuh pada tanggal 12 Agustus 2019, Kamis (8/8).

Bertindak selaku pimpinan ziarah rombongan Kolonel Sus Dra. Swiji Astuti, Pater Wara Yogyakarta. Acara ziarah diikuti seluruh anggota Wara dan PNS baik dari Lanud Adisutjipto, Akademi Angkatan Udara, dan RSPAU Hardjolukito.

Kegiatan Ziarah ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati para pahlawan TNI AU dengan harapan segenap Wara Yogyakarta bisa meneladani perjuangan para perintis TNI AU dalam kegiatan penugasan di TNI AU secara lebih profesional.

Prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penempatan karangan bunga oleh pimpinan ziarah. Setelah upacara penghormatan kepada arwah pahlawan selesai, acara dilanjutkan dengan tabur bunga ke setiap pusara pahlawan.

 Komodor Muda Udara A. Adisutjpto dan Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdurrachman Saleh adalah pendahulu TNI Angkatan Udara yang gugur pada peristiwa ditembakjatuhnya pesawat Dakota VT-CLA di Desa Ngoto sesaat setelah ditembak pesawat P-40 Kitty Hawk Belanda pada tanggal 29 Juli 1947. Pesawat Dakota VT-CLA terbang dari Singapura menuju Pangkalan Udara Maguwo dengan membawa bantuan obat-obatan dari Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia. Atas jasa-jasanya, Komodor Muda Udara A. Adisutjpto dan Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdurrachman Saleh dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Kegiatan rangkaian HUT Wara di Yogyakarta telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Gebyar Wara di Muspusdirla, Bhakti Sosial, Perlombaan antar Wara meliputi Lomba  MC, Menyanyi, Tata Rias dan Fotografi, Upacara HUT Wara di RSPAU dan juga kegiatan olahraga bersama di Kulonprogo.

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak