3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Danlantamal X Hadiri Coffee Morning Unsur Maritim Di Kantor Kesyahbandaran Otoritas KelaS II Jayapura

Jum`at, 9 Agustus 2019 11:47:40 - Oleh : admin - Dibaca : 46 kali

Danlantamal X Hadiri Coffee Morning Unsur Maritim Di Kantor Kesyahbandaran Otoritas KelaS II Jayapura

Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika menghadiri acara Coffee Morning bersama Unsur Maritim Jayapura dalam rangka Sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 7 tahun 2019 tentang pemasangan dan pengaktifan Sistem Indentifikasi otomatis (AIS) yang berlayar di perairan Indonesia bertempat di Terminal Penumpang Pelindo IV Jayapura, Kamis (8/8/2019).

Kepala KSOP Jayapura Ferra Juliana  Alfaris, S.T., M.Si. dalam sambutanya menyampaikan selama bertugas banyak menghabiskan waktu di KSOP Ambon dari pulau Tanimbar, Saumkali dan akhirnya menjadi Kepala KSOP Jayapura. Apa itu tugas KSOP yaitu melaksanakan pengawasan, dan penegakan hukum dibidang keselamatan  dan keamanan pelayaran, koordinasi kegiatan pemerintah di pelabuhan, pengaturan, pengendalian dan pengawasan kegiatan kepelabuhan pada pelabuhan uang di usahakan secara komersial.Terang Kepala KSOP Jayapura.

AIS adalah sistem pemancaran radio Very High Freguency (VHF) yang menyampaikan data-data melalui VHF data link (VDL) untuk mengirim dan menerima informasi  secara otomatis ke kapal lain, stasiun  VTS atau SROP dengan menerapkan sistem AIS akan dapat membantu pengaturan lalu lintas kapal  dan mengurangi bahaya dalam bernavigasi. Panjang lebar kata Kepala KSOP Jayapura.

Pada sesi tanya jawab pada kesempatan itu Komandan Lantamal X bertanya apakah AIS  berlaku untuk juga  Kapal-kapal Militer, dan bagai mana nanti  pembagian kerjanya. Seluruh kapal wajib menggunakan AIS sekarang masih di fokuskan ke kapal Sipil  dulu nantinya seluruh kapal baik kapal Negara maupun kapal Sipil wajib menggunakan AIS, untuk pembagian  kerja nantinya kami  akan kerja sama dengan TNI AL kita akan laksanakan uji petik mengenai kebijakan ini.

Tampak hadir pada acara Coffee Morning tersebut Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Asops Danlantamal X Kolonel Laut (P) Nauldy J. Tangka, Kepala Navigasi Kelas II Jayapura Wiston,  Pertamina MOR VIII (Jaka Rinanda), Karantina Pertanian Jayapura,  Kantor Kesehatan Pelabuhan (Tatap Sinta),  Bea Cukai Jayapura  (Darma Setiawan Saragih), Kakansar Jayapura (Putu Arga Sujarwadi SH., MM.), ,  Kepala Cabang PT. SPIL (Bambang Sunardi),  PT. Tanto Line (Wahyudi), Koperasi TKBM Jayapura M. Maniani, Kepala Koperasi TKBM Sinar Pauw Maribu  Depapre (Agustinus Nyaro), Para pengusaha Pelayaran Jayapura.

 

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak