3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

KRI Tanjung Kambani 971 Debarkasi Satgas Purna Tugas Pamtas RI - Papua Nugini

Jum`at, 9 Agustus 2019 13:47:50 - Oleh : admin - Dibaca : 72 kali

KRI Tanjung Kambani 971 Debarkasi Satgas Purna Tugas Pamtas RI - Papua Nugini

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tanjung Kambani 971 melaksanakan debarkasi personel TNI AD yang purna tugas dalam Satgas Pamtas RI-Papua Nugini di Dermaga Umum Nusantara, Semarang, Kamis (8/8).

Kapal perang jenis angkut personel ini menurunkan Batalion Mekanis 412/Bharata Eka Shakti yang bermarkas di Purworejo setelah melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini selama kurang lebih 1 tahun.

Dalam debarkasi tersebut, KRI Tanjung Kambani 971 menurunkan 450 prajurit beserta perlengkapan dan kendaraan taktis serta peralatan satgas lainnya.

KRI yang dikomandani Letkol Laut (P) Masrurun, M.Tr (Han) melaksanakan operasi angkutan laut militer dalam rangka pergeseran personel dan material pasukan pengamanan perbatasan darat Indonesia dengan Papua New Guinea ini merupakan bagian dari tugas pokok Kolinlamil dalam rangka Operasi militer selain perang (OMSP).

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M. dalam perintah berlayarnya (PB), memerintahkan kepada Komandan KRI agar mengutamakan keamanan personel serta material, mewaspadai kondisi cuaca, menjaga moril prajurit selama operasi dan saat lintas laut pun harus dimanfaatkan dengan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan prajurit melalui latihan berbagai peran, purbajaga terhadap bahaya navigasi dan bahaya tabrakan.

Selama lintas laut menuju Semarang, menurut Komandan KRI, kapal tidak menemui kendala, cuaca mendukung dan selama pelayaran dilaksanakan latihan peran untuk memelihara dan meningkatkan kecakapan serta keterampilan Prajurit KRI sesuai bidang.

Usai debarkasi, KRI Tanjung Kambani 971 tolak dari Dermaga Nusantara Semarang kembali ke pangkalan Jakarta menunggu perintah selanjutnya.  

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak