3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

8.100 Mahasiswa Baru UGM Ikuti Orasi Kasad

Senin, 12 Agustus 2019 12:10:02 - Oleh : admin - Dibaca : 22 kali

8.100 Mahasiswa Baru UGM Ikuti Orasi Kasad

Sebanyak 8.100 mahasiswa baru Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, mengikuti Orasi Kebangsaan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Diungkapkan Kadispenad, Orasi Kebangsaan yang disampaikan Jenderal TNI Andika Perkasa di Lapangan Pancasila UGM ini, merupakan puncak dari Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB).

"Acara itu sengaja untuk membangkitkan motivasi dan semangat bagi mahasiswa baru yang akan menimba ilmu di UGM," ujarnya.

Pada bagian awal orasinya, lanjut Candra, di hadapan mahasiswa baru UGM, Kasad menampilkan pesan dari Presiden Joko Widodo dalam salah satu pidatonya yang mengatakan "Jangan pernah lupakan orang tua".  

 "Figur Presiden RI ke-7 tersebut, sengaja ditampilkan saat Kasad berorasi," ungkap Candra.

"Karena beliau, salah satu alumnus UGM yang melangkah dari bawah, menapaki jalan yang penuh hambatan, namun itu justru membentuk motivasinya menjadi semakin kuat untuk membangun negeri," tegasnya.

Dalam orasinya, Kasad    juga menampilkan beberapa figur tokoh Menteri Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo serta
sosok mantan Wapres RI Boediono yang juga merupakan alumni  Kampus UGM.  

"Kasad berharap dengan menampilkan beberapa tokoh dari alumni UGM, dapat dijadikan sebagai teladan dan membangkitkan motivasi belajar para mahasiswa baru," tegasnya.

 "Saat ini, kalian di tempat yang sama. Di UGM akan belajar, dididik, ditempa untuk menjadi seperti para tokoh tersebut dan sampai pada saatnya tiba nanti  semata-mata berjuang untuk membangun negeri ini," ujar Kadispenad mengutip penegasan Kasad.

Pada pertengahan penyampaian orasinya, Kasad  memanggil dua orang mahasiswa asal NTB yaitu Ainul Yaqin dan Baiq Melly Ciptayuni.

Di atas panggung, Kasad berdialog dengan keduanya dan menyempatkan untuk menghubungi orang tua Ainul Yaqin melalui sambungan video call

"Pada kesempatan tersebut, Kasad bertanya kepada ayah Ainul Yaqin apakah bangga anaknya diterima di UGM, dan dijawab Ayah Ainul Yaqin dirinya bangga anaknya dapat diterima di UGM," jelas Kadispenad.

Di hadapan ribuan mahasiswa baru dan Civitas Akademika UGM, Kasad menegaskan bahwa peran orang tua sangatlah besar atas keberhasilan anaknya.

"Kasad menegaskan,  tidak ada motivator yang terbaik di dunia ini kecuali kedua orang tua kita. Dengan kamu tidak mengecewakan orang tua, maka artinya kamu juga tidak akan mengecewakan bangsa dan negara," tutur  Kadispenad mengulang penyampaian Kasad.

Semangat  dan motivasi yang diberikan Kasad kepada para mahasiswa baru UGM itu, lanjut Candra, agar mereka memiliki keyakinan bahwa apa pun bisa dilakukan untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia adalah dengan cara belajar hingga mencapai kesuksesan.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M. Eng., D. Eng,. IPU., menyampaikan bahwa Orasi Kebangsaan dari Kasad merupakan salah satu bentuk pemberian motivasi dan keteladanan untuk membangkitkan semangat mahasiswa baru.

"Khususnya dalam mempersiapkan diri menjalani proses belajar di UGM," tegas Panut Mulyono.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa latar belakang  Kasad yang memiliki rekam jejak yang sangat kuat dalam bidang kebangsaan, toleransi dan prestasi yang luar biasa, menjadi faktor utama atau alasan
diundang untuk memberikan Orasi di UGM.

"Melalui Orasi Kebangsaan yang disampaikan oleh orang nomor satu di jajaran TNI AD ini, diharapkan dapat membuka wawasan, semangat kebangsaan, memupuk nasionalisme dan patriotisme," ujar Panut Mulyono.

"Serta kepemimpinan para mahasiswa baru UGM, yang berjiwa Pancasila dengan tetap menghargai jejak sejarah dan peradaban NKRI, " pungkasnya.

Hadir mendampingi Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa di UGM, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, Kasrem 072/Pamungkas dan Dandim Sleman.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Sabtu, 17 Agustus 2019
SIARAN TNI DI RRI PROGRAM 4 TANGGAL 17 AGUSTUS 2019
Jum`at, 16 Agustus 2019
TNI POLRI PILAR NKRI
Kamis, 8 Agustus 2019
Baleho HUT ke-74 RI
Jum`at, 2 Agustus 2019
SIARAN TNI DI RRI PROGRAM 4
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi