3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Warga Akmil Laksanakan Sholat Idhul Adha 1440 H

Selasa, 13 Agustus 2019 12:21:38 - Oleh : admin - Dibaca : 28 kali

Warga Akmil Laksanakan Sholat Idhul Adha 1440 H

Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, Pejabat Distribusi Akmil dan Warga Panca Arga serta para Taruna Taruni Akademi Militer, melaksanakan Sholat Idhul Adha 2019 M/1440 H di Lapangan RW.13 Panca Arga 1 Magelang. Khotib dalam acara tersebut Kabintal Akmil Letkol Inf Ali Nurrokhim, S.Ag. dan sebagai Imam Sholat Mayor Abdul Syukur, S. Ag. Minggu  (11/08/19) 

 Dalam Khutbahnya, Khotib menyampaikan bahwa Hari Raya Kurban atau biasa kita sebut Idul Adha yang kita peringati tiap tahun tak bisa terlepas dari kisah Nabi Ibrahim AS bersama dengan putra tercintanya Nabi Ismail AS. Sebagai mana terdapat dalam surat Ash-Shafaat ayat 99-111. Allah memberi kabar gembira kepada Nabi Ibrahim AS, dengan anugrah kelahiran seorang anak yang amat cerdas dan sabar. Hanya saja, ketika anak itu menginjak umur 7 tahun. Nabi Ibrahim diuji dengan sebuah mimpi yang berisi tentang perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putra tercintanya yaitu Nabi Ismail AS. Nabi Ibrahim AS berkata kepada putranya, wahai anakku, dalam tidur aku bermimpi menerima wahyu dari Allah SWT yang meminta aku untuk menyembelihmu. Bagai mana pendapat mu? anak yang sholeh itu menjawab, "wahai Bapakku, laksanakanlah Perintah Allah. Insya Allah kamu akan mendapati aku termasuk golongan orang orang yang sabar" Tatkala sang bapak dan anak pasrah kepada ketentuan Allah SWT, Ibrohimpun membawa anaknya ke suatu tumpukan pasir. Lalu Ibrahim membaringkan Ismail dengan posisi pelipis di atas tanah dan siap disembelih. Atas kehendak Allah SWT drama penyembelihan anak manusia itu batal dilaksanakan, dan ditebus dengan seekor kambing qibas.

Praktek kurban sudah dilaksanakan putra Nabi Adam yaitu Qobil dan Habil. Di ceritakan bahwa kurban yang di terima adalah korban Habil bukan Qobil itupun bukan daging atau darah yang Allah terima namun ketulusan hati dan ketakwaan dari si pemberi kurban. Dari Risalah tersebut dapat dicermati tentang tinggkat ketaatan Nabi Ibrahim AS terhadap Perintah Allah SWT sudah teruji.

Setelah Melaksanakan Sholat Idhul Adha,  dilaksanakan  penyembelihan hewan kurban di halaman belakang masjid Taqwa Panca Arga I. pada kesempatan itu Gubernur Akmil menyerahkan hewan korban 1 ekor sapi kepada panitia, penyerahan secara simbolis peserta qurban, baik perorangan  maupun dari beberapa satuan di jajaran Akmil. Hewan kurban yang disembelih pada hari tasrik pertama kali ini berjumlah 9 ekor sapi dan 81 ekor kambing. Utk di bagikan kepada Warga Panca Arga 1, 2 dan 3, Yayasan Yatim Piatu dan fakir miskin di 39 tempat serta warga kampung  sekitar komplek Pancar Arga.

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak