3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Satgas Pamtas Yonif PR 328/Dgh Dukung Galakkan Penggunaan Rupiah Di Perbatasan

Selasa, 13 Agustus 2019 13:05:15 - Oleh : admin - Dibaca : 30 kali

Satgas Pamtas Yonif PR 328/Dgh Dukung Galakkan Penggunaan Rupiah  Di Perbatasan

Bertempat di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/DGH hadiri rapat bersama stake holder dalam rangka menggalakkan penggunaan rupiah di perbatasan, (10/08).

Disampaikan lebih lanjut oleh Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin  Iswari, S.Sos., M.Tr(Han) pokok pembahasan dalam rapat adalah dalam membatasi dan mengontrol peredaran mata Uang Kina di Pasar Skouw.

"Sesuai dengan UU No. 7 Tahun 2011 guna mewujudkan peredaran uang Rupiah di perbatasan ada beberapa cara yang akan diambil  oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua diantaranya apabila pasar baru sudah diresmikan maka alat pembayaran yang berlaku hanya menggunakan mata uang Rupiah, kemudian akan dilakukan sosialisasi kepada pedagang dan warga PNG yang berbelanja di wilayah pasar, serta akan dibangun money changer yang dapat digunakan warga PNG untuk menukarkan Kina ke Rupiah", jelas Mayor Erwin.

Selama ini peredaran mata uang di pasar Skouw berlaku dua mata uang yaitu Rupiah dan Kina, "Pasar Skouw saat hari pasar banyak dikunjungi oleh warga PNG yang berbelanja di pasar Skouw dengan menggunakan uang Kina, sehingga peredaran mata uang Kina lebih besar daripada Rupiah", ujarnya.

Dijelaskan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Papua, Bapak Naek Tigor Sinaga akan di tambah ATM dan membentuk Satgaswal yang akan mengawasi peredaran rupiah, "Kedepan kami akan menambah gerai-gerai ATM sehingga warga PNG wajib menukarkan mata uang Kina ke Rupiah selanjutnya akan dibentuk Satgaswal yang mengawasi penggunaan mata uang Rupiah dan mata uang Kina di perbatasan sehingga dapat menekan angka peredaran mata uang Kina di wilayah perbatasan", ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Adm. PLBN, Kepala Pos Pengawasan Bea Cukai, Kapospol Skouw dan perwakilan pedagang pasar Skouw.

 

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak