3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Komandan Lantamal X Ikuti Pelatihan Selam Dari Ketua ADSI

Jum`at, 16 Agustus 2019 14:55:22 - Oleh : admin - Dibaca : 7 kali

Komandan Lantamal X  Ikuti Pelatihan Selam Dari Ketua ADSI

Komandan Lantamal X Brigjen TNI ( Mar) Nurri Andrianis Djatmika bersama para penyelam Lantamal X mengikuti pelatihan Selam oleh Ketua  Association of Diving School International (ADSI). Dr. Budi Utomo Wiyono, Acp, Sp.S, Sp. KL, Ph.D bertempat di Kantor Potensi Maritim Lantamal X Jayapura, Jumat (16/8/2019).

Dr. Budi Utomo Wiyono, Acp, Sp.S, Sp. KL, Ph. dalam Paparannya menjelaskan tentang  ADSI ada tiga tingkatan diantaranya Basic Driver utuk usia 15 tahun, Open Wather dan Advanced Diver, Master Scuba dan Dive Master.

Lanjut Dr. Budi, Sedang untuk Sertifikat ada 3 bintang yaitu Intruktur bintang 1, bintang 2 dan bintang 3 untuk Bintang 3 bisa melatih calon instructor selam.

"ADSI diikuti oleh Amerika, Brazil Korea, Indonesia dan Sebagai ketuanya atau pendirinya Jepang." Kata Dr. Budi Utomo. Tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja per satuan luas. 1 atm adalah tekanan /gaya yang bekerja pada benda oleh atmosfer bumi. Tek atmosfer (pada permukaan laut) samadengan 1 ata atau 14,7 psia. Suara lebih cepat di dalam air sedangkan di udara lebih lambat, sedangkan untuk cahaya lebih cepat di udara dari pada di laut. Hukum Archimedes  bouyancy positif bisa mengapung sedang netral bisa melayang dan negatif sama dengan  tenggelam. Sedang hukum boyle P1. V1 = P2. V2 tiap turun 10 meter tekanan bertambah 1 atm, breath hold dive terlalu dalam volume paru-paru, vol. Residu menjadi squeeze lung. Bernapas dengan scuba dan naik dengan breath hold menjadi  burst lung. terang Dr.  Budi Utomo.

Para penyelam Lantamal X sangat antusias mendengarkan Paparan ini karena sangat berguna dan bermanfaat sekali di dunia penyelaman.

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan