3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

AAL Laksanakan Upacara Kemerdekaan Ri, Bacakan Amanat Kasal

Senin, 19 Agustus 2019 15:47:53 - Oleh : admin - Dibaca : 18 kali

AAL Laksanakan Upacara Kemerdekaan Ri, Bacakan Amanat Kasal

Akademi Angkatan Laut (AAL) melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lapangan Banda, Bumimoro Surabaya, Sabtu (17/8).

Dalam upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tersebut, Direktur Perencanaan dan Pengembangan (Direnbang) AAL Kolonel Laut (P) Fransiscus Herman S, S.T. yang juga selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Dalam amanat, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. mengatakan, selama 74 tahun kita sudah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh menghadapi berbagai tantangan, bangsa yang kokoh dalam bingkai persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang Bhinneka Tunggal Ika dan ingin terus maju serta berprestasi menggapai tujuan di tengah perubahan dan persaingan global yang kian menajam.

"Dinamika lingkungan strategis global diwarnai kompetisi dan perebutan pengaruh-pengaruh negara besar, telah menempatkan Indonesia pada pusat kepentingan global. Jika tidak siap dan waspada, Indonesia dapat tergilas dalam kompetisi global yang tidak mengenal waktu dan batas", Kata Kasal.

Ditegaskan, bahwa berbaurnya ancaman militer telah mendorong terciptanya dilema goepolitik dan geostrategis. "Oleh sebab itu, TNI Angkatan Laut harus berbenah diri dan berubah menuju Angkatan Laut yang profesional, modern dan mendukung cita-cita bangsa untuk menjadi kekuatan maritim yang berpengaruh di kawasan".

"Tema peringantan HUT ke-74 Kemerdekaan RI yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, maksudnya dapat menjadi pondasi dasar dan pemacu semangat Indonesia ke depan, khususnya bagi kita semua selaku parjurit matra laut yang merupakan komponen utama pertahanan dan keamanan Negara di laut sebagaimana digariskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945", kata Kasal.

Lebih lanjut Kasal mengatakan, perlu kita sadari bersama bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya, dengan demikian keunggulan SDM TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. "Kita semua berkeinginan, agar prajurit TNI Angkatan Laut diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraan sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai Tentara profesional".

Pada kesempatan itu, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. juga menegaskan bahwa pembangunan fisik kekuatan TNI Angkatan Laut seperti kapal perang, pesawat udara, pangkalan dan Marinir hanya membutuhkan waktu beberapa tahun saja, tetapi untuk membangun SDM yang unggul dibutuhkan waktu yang lebih panjang. "Dengan demikian perhatian terhadap pembangunan SDM TNI Angkatan Laut perlu terus ditingkatkan ke depan sehingga kita mampu menciptakan prajurit profesional yang berkompeten dan bermoral".

Kasal juga mengajak, kepada seluruh prajurit TNI AL untuk bersama-sama memacu diri dan berani berkompetisi, agar kita mampu sejajar dan bersaing dengan kekuatan angkatan laut negara kawasan. Keterbatasan anggaran bukanlah kendala, yang menjadi alasan bagi kita jika tidak berbuat yang terbaik. Dengan apa yang telah Negara berikan kepada kita marilah kita kelola dengan sebaik-baiknya untuk dapat memberikan hasil nyata dan manfaat bagi masyarakat terutama dalam menciptakan laut yang aman, tertib, dan dapat dimanfaatkan sebesar-besar untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Hadir pada acara tersebut, seluruh anggota AAL baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta Taruna dan Taruni AAL.

 

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan