3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Kadeppim AAL Terima Kunjungan Paskibraka

Selasa, 20 Agustus 2019 14:34:13 - Oleh : admin - Dibaca : 12 kali

Kadeppim AAL Terima Kunjungan Paskibraka

Kepala Departemen Kepemimpinan Akademi Angkatan Laut (Kadeppim AAL) Kolonel Marinir Muharam Ahmad Fauzi, S.E., M.M. menerima kunjungan kehormatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Kabupaten Tegal dan Kendal di gedung Mandala AAL, Bumimoro Surabaya, Senin (19/8).

Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. dalam sambutan yang dibacakan Kadeppim AAL Kolonel Marinir Muharam Ahmad Fauzi, S.E., M.M. mengatakan, menjadi anggota Paskibraka merupakan suatu kebanggaan dan prestasi tersendiri dalam rangka menambah motivasi, tekad dan semangat untuk senantiasa berbuat yang terbaik, karena tidak semua orang memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menjadi anggota Paskibraka. "Untuk itulah, saya merasa bangga dan senang dapat lebih dekat bersama putra dan putri terbaik, khususnya dari Kabupaten Kendal dan Tegal Jawa Tengah".

"Selanjutnya, perlu kami sampaikan secara sekilas bahwa Akademi Angkatan Laut adalah salah satu lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut, yang bertugas melaksanakan pendidikan pertama perwira sukarela tingkat Akademi. Tujuan pendidikan AAL adalah mendidik dan melatih para Taruna AAL untuk menjadi perwira TNI Angkatan Laut  yang profesional, adaptif dan maju, berjiwa Sapta Marga serta memiliki kemampuan dan ketrampilan sesuai dengan tuntutan penugasan awal di Kapal Perang dan Pasukan", kata Gubernur AAL.

Gubernur AAL juga mengatakan, program pendidikan di AAL diselenggarakan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan profesi sesuai Korps masing-masing, sehingga nantinya akan menjadi perwira TNI AL yang profesional, berwawasan luas, cinta tanah air dan bangsa serta siap menjadi pemimpin-pemimpin pembaharu TNI Angkatan Laut dan TNI di masa mendatang. "Dimensi kemampuan yang ditumbuh kembangkan di AAL, meliputi kemampuan Akademik, Kesamaptaan Jasmani dan Kepribadian".

"Untuk mencapai ketiga dimensi tersebut, penyelenggaraan pendidikan di AAL dibagi menjadi tiga aspek kegiatan, yaitu Pengajaran, Latihan dan Pengasuhan. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara terintegrasi melalui kegiatan pelajaran di kelas maupun kegiatan latihan-latihan praktek Korps dan Kemiliteran untuk mewujudkan dua sasaran besar dalam proses pendidikan di AAL, yaitu menjadikan para Taruna perwira-perwira muda yang profesional di bidangnya masing-masing dan mampu mengawaki Alat Utama Sistem Senjata (Alut Sista). Dengan demikian, menjadikan para Taruna, perwira-perwira masa depan sebagai pembaharu organisasi TNI/TNI Angkatan Laut yang memahami dan mampu merespon perkembangan dunia militer, khususnya keangkatan lautan masa kini dan masa depan. Selain itu, Akademi Angkatan Laut saat ini terus berbenah diri dalam merespon tantangan tugas masa depan yang semakin kompleks sebagai dampak dari perkembangan lingkungan strategis yang terjadi", tegas Gubernur AAL.

"Perlu kami sampaikan pula bahwa untuk lulusan Taruna AAL, mulai tahun 2011 telah mendapat gelar kesarjanaan, Sarjana Sains Terapan Pertahanan (S.S.T.Han)", meliputi program studi :

Diploma IV Manajemen Pertahanan matra laut untuk Taruna Korps Pelaut, Diploma IV  Manajemen Pertahanan matra laut aspek darat untuk Taruna Korps Marinir, Diploma IV Manajemen Logistik dan Keuangan matra laut untuk Taruna Korps Supplai, Diploma IV Teknik mesin kapal perang untuk Taruna Korps Teknik dan Diploma IV Teknik Elektronika kapal perang untuk Taruna Korps Elektronika.

Gubernur AAL juga mengucapkan, selamat datang dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Sekdis Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kab. Kendal Bapak Sih Purwadi P.M., S.Pd., M.Pd., Kasi Kepemudaan Dinas Parpora Kab. Tegal, Bapak Suwatno, S.Pd. dan para rombongan dapat hadir, dalam keadaaan sehat walafiat di Lembaga Pendidikan AAL. "Bagi kami kunjungan ini merupakan kehormatan dan sekaligus menunjukkan besarnya perhatian dari Dinas Kepemudaan Olah raga dan Pariwisata Kab. Kendal dan Kab. Tegal kepada lembaga pendidikan Akademi Angkatan Laut".

Gubernur AAL berharap, para anggota Paskibraka nantinya dapat bergabung dengan Akademi Angkatan Laut untuk menjadi Perwira TNI AL  Pengawal Samudera Indonesia dan Penjaga Kedaulatan Negara di Laut.

Sementara itu, dari Tim Paskibraka Kabupaten Kendal memohon doa restu, agar putra dan putri kami dari Kabupaten Kendal menjadi pemimpin masa depan. Sedangkan dari Tim Paskibraka Kabupaten Tegal menyatakan maksud tujuan kami ke AAL adalah memberikan motivasi bela negara kepada adik-adik kami dan memberi informasi tentang TNI AL di Laut dalam menjaga Keutuhan dan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, dilaksanakan penyerahan cindera mata, pemutaran film Profil AAL, pemutaran film sekilas kehidupan Taruna AAL tentang Kartika Jala Krida (KJK) dan Cadet Night, tanya jawab, sesi foto bersama di Monumen Hree Dharma Shanty, Sholat Dzuhur di masjid Nurul Bahri AAL, makan siang bersama Taruna AAL di Rd. S. Hadi Wibarso AAL dan melaksanakan Tour Facility lingkungan AAL dan ke Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya.

Acara ini diikuti oleh perwakilan dari Taruna dan Taruni AAL, sejumlah personel pendukung AAL, 80 personel putra dan  putri anggota Paskibraka dari Tegal dan Kendal, 16 personel Pembina Paskibraka, 2 Staf, sejumlah Pendamping putra dan putri, Anggota Kodim Tegal dan segenap Pelatih.

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan