3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Pangkolinlamil Hadiri Workshop Kesehatan TNI AL 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 16:25:10 - Oleh : admin - Dibaca : 11 kali

Pangkolinlamil Hadiri Workshop Kesehatan TNI AL 2019

Panglima Komando Lintas Laut Militer, Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. menghadiri Workshop Kesehatan TNI AL 2019 di Auditorium Yos Sudarso, Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (22/8). Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal) menyelenggarakan Workshop Kesehatan ini selama 2 hari, yaitu mulai 22 s/d 23 Agustus 2019. Acara dibuka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Laksdya TNI Wuspo Lukito., S.E., M.M. dengan tema "Tata Kelola Rumah Sakit Modern pada Era JKN di lingkungan TNI AL" dan "Peran Klaster Kesehatan TNI dalam Operasi Penanggulangan Bencana di Indonesia".

Dalam sambutan Kasal, yang dibacakan oleh Wakasal dikatakan bahwa dinamika dalam bidang kesehatan saat ini dapat dikatakan cukup signifikan, sehingga mutlak bagi Dinas Kesehatan TNI AL untuk merespon aktif dengan menyelaraskan antara tugas pokok dengan perkembangan kebijakan nasional serta tuntutan tugas lain yang semakin kompleks. Disampaikan pula, bahwa tema yang menjadi pembahasan, merupakan tantangan tugas bidang kesehatan yang senantiasa harus dipelajari, karena mengalami perubahan secara terus-menerus serta meningkat intensitasnya."Upaya ini bertujuan untuk memperkaya khasanah dan pengetahuan terkait dengan topik workshop yang spesifik. Selain juga untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan jajaran kesehatan TNI AL guna mendukung tugas pokok TNI AL" jelas Wakasal.

Pada sesi pertama, tema yang dibahas tentang Menata kelola rumah sakit TNI AL yang modern, yang berfungsi meningkatkan manajemen rumah sakit di bawah unit organisasi TNI AL. Dengan tata kelola ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang prima bagi pasien secara terintegrasi dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional khususnya prajurit dan keluarga besar TNI AL. Sedangkan pada sesi kedua tentang peran Klaster kesehatan TNI dalam operasi penanggulangan bencana, yang mana kemampuan tersebut sangat diperlukan mengingat frekuensi kejadian bencana di Indonesia cukup tinggi. Kebutuhan unit kesehatan untuk tanggap bencana menjadi prioritas, yang nantinya akan tergabung dengan Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana. Dalam kesempatan tersebut, Wakasal menyerahkan sertifikat akreditasi bagi rumah sakit di lingkungan TNI AL yang telah memiliki pengakuan standard pelayanan sesuai yang ditetapkan, diantaranya Rumah Sakit Ewa Pangalila, Rumah Sakit Jala Ammari Makassar, Rumah Sakit dr. R. Gandhi AT Lanal Biak, Rumah Sakit Merauke dan Rumah Sakit J. Lilipory Sabang. Turut hadir dalam workshop tersebut, para pejabat utama Mabesal, Pangkotama TNI AL dan perwira dari Korps Kesehatan TNI AL.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan