3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam Satuan Jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad

Senin, 9 September 2019 08:54:07 - Oleh : admin - Dibaca : 43 kali

Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam Satuan Jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad

Potensi bencana alam yang ada di Indonesia sangatlah tinggi,  untuk itu jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad menggelar simulasi latihan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam. 

Tanggal 04 September 2019, Bertempat dilapangan Pasopati Yonarmed 9/2/1 Kostrad, Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI  H. Agus Rohman, S.I.P, M.Si. membuka Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang dihadiri oleh Jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad,  Polri, Pol PP, Damkar, Basarnas, dan LSM yang terkait. 

Dalam Amanatnya Pangdivif 1 Kostrad menegaskan bahwa Latihan ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran kesiapsiagaan prajurit dalam operasionalnya menghadapi bahaya bencana  alam yang terjadi, sehingga siap membantu dalam rangka penanggulangan bencana. 

Lebih lanjut Pangdivif 1 Kostrad menyampaikan tujuan digelarnya Latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan serta kerjasama  antara instansi terkait agar selaras dalam rangka penanganan bencana dapat dihadapi, karena bencana alam merupakan peristiwa yang luar biasa yang dapat menimbulkan kerugian baik materil maupun jiwa. 

Terkait dengan Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat ini, diharapkan dapat membuka wawasan serta pengetahuan mengenai resiko terhadap bahaya  dampak yang ditimbulkan serta penanggulangan bencama alam 
Dalam simulasi Latihan penanggulangan bencana alam ini diskenariokan terjadi  disuatu perkampungan yang sedang terjadi kebakaran hutan sehingga menyebabkan pemukiman warga ikut terbakar sehingga kesiapan dan kesiapsiagaan prajurit TNI beserta Polri,  Damkar,  Basarnas,  dan instansi yang terkait lainnya sangat dibutuhkan untuk menanggulangi bencana tersebut dimana proses evakuasi dan penanganan kebakaran yang cukup sulit sehingga membutuhkan kecepatan dalam menangani bencana. 

Turut Hadir dalam pembukaan Latihan penanggulangan bencana alam diikuti oleh seluruh jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad, Bapak Dedi Mulyadi, Polres Purwakarta,  Damkar Purwakarta,  Satpol-PP,  Basarnas dan para pejabat TNI/POLRI serta instansi lain. 

 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan
Kamis, 13 Februari 2020
Tinjau Kesiapan Pemprov Cegah Karhutla, Kapolri dan Panglima TNI Besok Kunjungi Riau