3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Jelang Tupdik, Wadan Kodiklatal Bekali 158 Pasis Diklapa, Dikmatra dan Dikaplikasi 2 TNI AL

Selasa, 10 September 2019 15:46:56 - Oleh : admin - Dibaca : 52 kali

Jelang Tupdik, Wadan Kodiklatal Bekali 158 Pasis Diklapa, Dikmatra dan Dikaplikasi 2 TNI AL

Jelang pelaksanaan Penutupan Pendidikan, sebanyak 158 Pasis Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa), Pasis Pendidikan Kematraan (Dikmatra) dan Pasis Pendidikan Aplikasi 2 (Dikaplikasi 2) mendapat pembekalan dari Wakil Komandan (Wadan) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Laksma TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si., (Han),CHRMP di gedung Beatlegeus, Pusdiklapa, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya.

Acara tersebut dihadiri oleh para Direktur Kodiklatal, para Dankodik, para Danpuslat, Danpusdiklapa Kolonel Laut (P) Mulyan , Danselapa Letkol Laut (P) Ashari serta Dansefungkhas Letkol Laut (P) Agung S.

            Mengawali sambutannya, Wadan Kodiklatal mengatakan bahwa Kodiklatal merupakan Lembaga Pendidikan terbesar di lingkungan TNI AL. Dalam melaksanakan pendidikannya berlandaskan kepada falsafah Pendidikan prajurit TNI AL yaitu Dwi Warna Purwa Cendekia Wusana yang berarti pendidikan prajurit TNI AL pada hakikatnya mewujudkan manusia Indonesia yang bermotivasi sebagai patriot pejuang Pancasila sejati.

Selain itu, Kodiklatal juga memiliki semboyan bermoral, profesional dan berani yang selalu menjadi pedoman bagi seorang perwira dalam bertindak. Bermoral artinya bahwa seorang perwira dalam bertindak selalu berlandaskan etika, aturan dan norma yang berlaku sehingga selalu dihormati, dicintai dan berwibawa serta menjadi tauladan bagi seluruh anak buahnya. Profesional berate memiliki keahlian sesuai denga bidang tugasnya dan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Berani berate memiliki sikap yang mencerminkan seorang ksatria.ss

Dalam kesempatan itu, Wadan menjelaskan bahwa mekanisme dalam penempatan jabatan seorang perwira ada beberapa aspek yang menjadi pertimbangan pemimpin TNI AL, diantaranya : pendidikan, prestasi pendidikan, penugasan, kesamaptaan jasmani, kesehatan, angket, uji kompetensi dan hasil psiko test.

"Selain itu, aspek yang sangat menentukan dalam penempatan jabatan seorang perwira adalah tidak ada catatan pelanggaran. Oleh sebab itu, hindari pelanggaran," tegasnya.

Wadan Kodiklatal menekankan  kepada seluruh Pasis agar ke depan harus mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan yang semakin kompleks dan dinamis, selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengembangkan keterampilan yang dimiliki, mengembangakanb diri dengan mengikuti pendidikan untuk menunjang profesinya serta mampu berbahasa asing dengan baik untuk menyongsong World Class Navy.

Dalam bagian akhir sambutannya, Wadan Kodiklatal memberikan beberapa tips kepada Pasis dalam meraih sukses, yaitu : tingkatkan kreativitas dan inovasi di lingkungan kerja, Budayakan kerja keras, kerja keras, kerja ikhlas dan kerjas tuntas, berikan kesan yang baik di manapun bertugas, bina keluarga dengan baik serta hindari narkoba dan salah pergaulan.

 

 

 

 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan
Kamis, 13 Februari 2020
Tinjau Kesiapan Pemprov Cegah Karhutla, Kapolri dan Panglima TNI Besok Kunjungi Riau