3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Prajurit TNI AD Asli Suku Anak Dalam (Sad) Jambi Mengajar Di Perbatasan RI-RDTL sektor timur

Selasa, 17 September 2019 11:38:14 - Oleh : admin - Dibaca : 57 kali

Prajurit TNI AD Asli Suku Anak Dalam (Sad) Jambi Mengajar Di Perbatasan RI-RDTL sektor timur

Makan nasi berlauk seadanya dan makan singkong, sudah menjadi hal yang biasa bagi prajurit TNI yang bertugas di wilayah perbatasan. Hidup di tengah-tengah masyarakat yang penuh keterbatasan membuat para prajurit terbiasa menjalani berbagai peran.

Dari berladang untuk memenuhi kebutuhan pangan, mengobati orang sakit, bahkan mengajar harus mereka lakukan. Setidaknya, hal itu yang tengah dilakukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/Ksatria Jaya Kodam II/Swj di Kec. Tasi Feto Kab Belu, Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Saat ini Satgas Yonif Raider 142/KJ Kodam II/Swj tengah bertugas mengamankan daerah perbatasan di sektor timur Indonesia tersebut. Terdapat puluhan pos yang menjadi area tanggung jawab mereka disana. Setiap pos memiliki tanggung jawab terhadap wilayah di sekitar pos.

Jadi tidak mengherankan lagi apabila di daerah perbatasan terlihat orang berbaju loreng mengajar di ruang-ruang kelas. Para prajurit tersebut biasanya mengajar pelajaran umum. Saat mengajar, mereka juga akan menyampaikan soal Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air, agar anak-anak di wilayah perbatasan memiliki rasa nasionalisme.

Rasa bangga dan haru yang terlihat dari raut wajah Prada Budi yang mungkin masih mengingatkannya pada masa lalu yang sangat susah dari anak-anak yang berada diperbatasan RI-RDTL.

Sementara itu, Nalia Belac (52) merupakan guru dan penanggung  jawab  sekolah mengucapkan banyak terima kasih kepada personel Satgas Yonif 142/KJ yang membantu kegiatan mengajar di SD 1 Motaain.

"Kami sangat senang dan sangat terbantu sekali dengan kedatangan bapak-bapak TNI untuk membantu kami dalam memberikan materi dan wawasan pengetahuan umum', ungkapnya.

 

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17