3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Orang Brebes Di 17 Kecamatan, Lakukan Aksi Pungut Dan Bersihkan Sampah

Senin, 23 September 2019 12:12:31 - Oleh : admin - Dibaca : 19 kali

Orang Brebes Di 17 Kecamatan, Lakukan Aksi Pungut Dan Bersihkan Sampah

Ribuan orang di 17 Kecamatan di Kabupaten Brebes, melakukan aksi pungut sampah dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh, Sabtu (21/9).

Tua-muda bahkan anak-anak, pelajar, bersama TNI-Polri serta segenap unsur, Ormas maupun masyarakat, bekerja bakti membersihkan sampah di lingkungan jalan, desa serta saluran irigasi.

Dikutip dari Tribunnews.Com, bahwa gagasan HPSN muncul dari desakan sejumlah pihak untuk mengenang tragedi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat (21/2/05) lalu, yang menewaskan orang lebih dari 157 jiwa, akibat tumpukan sampah di TPA tersebut memicu ledakan gas metana saat curah hujan tinggi. Dua perkampungan warga yaitu Cilimus dan Pojok, hilang dari peta akibat tertimbun longsoran sampah.

Saat ini, sampah khususnya plastik telah menjadi polemik masyarakat global. Kantong plastik menyumbang hampir 50 % sampah plastik. Menyikapi hal inilah, aksi bersih-bersih massal di Brebes dilakukan.

Selain itu, di Halaman Kantor KUA Brebes juga dilakukan deklarasi Peraturan Bupati (Perbup) No. 57 tahun 2019, tentang pengurangan sampah plastik di Kota Bawang. Bupati, Hj. Idza Priyanti, SE, MH, memimpin jalannya apel yang diikuti jajaran Forkopimda, para Kepala SKPD, Muspika Brebes, aktivis lingkungan serta pelaku usaha dari Indomaret, Alfamart dan Sarimulya.

Bupati mengajak, untuk ikut menyelamatkan bumi dengan tidak membuang sampah khususnya plastik sembarangan karena sangat sulit terurai.

Instagram
Twitter
Youtube
Facebook
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 16 April 2020
DPR Setujui Anggaran TNI untuk Covid–19 Ditambah
Kamis, 16 April 2020
Panglima Ungkap 15 Anggota TNI Meninggal Dunia karena Korona
Kamis, 16 April 2020
Panglima Bentuk Tim Usut Bentrok TNI–Polri di Papua
Kamis, 16 April 2020
Soal Kelompok Anarko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Beri Pernyataan Begini
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan