3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Kontekstualisasi Wawasan Kebangsaan Generasi Muda di Tapal Batas NKRI

Jum`at, 11 Oktober 2019 14:32:09 - Oleh : admin - Dibaca : 66 kali

Kontekstualisasi  Wawasan Kebangsaan Generasi Muda di Tapal Batas NKRI

Perkembangan dunia saat ini begitu pesat diiringi perkembangan teknologi informasi yang terus bergerak dengan cepat mempengaruhi pola pikir manusia bahkan gaya hidup dalam kehidupan manusia sehari-hari. Perkembangan ini yang juga sangat berpengaruh besar pada generasi muda. Di era globalisasi kita dapat melihat peranan pemuda Indonesia dalam membangun bangsa dinilai sangat kurang.

Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian para pemuda terhadap bangsa, dimana nilai akan rasa nasionalisme dikalangan generasi muda sudah mulai luntur. Informasi yang berkembang saat ini dimana akses untuk mendapatkan informasi hampir tidak ada halangan menyebabkan generasi muda bangsa kita mudah untuk terpengaruh oleh informasi negative yang bertentangan dengan budaya bangsa. 

Hal ini di lakukan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 600/Modang di hadapan ratusan orang siswa dan siswi SMKN 1 Tulin Onsoi Kecamatan Sebuku Kabupaten Nunukan, memberikan kontekstualisasi wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda di Perbatasan, Jumat (11/10/2019).

Danpos Salang Yonif Raider 600/Modang, Letda Inf Masrianto, menekankan pentingnya kontekstualisasi wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda. Hal ini sebagai upaya merespons tantangan zaman yang berubah dengan cepat.

"SMKN 1 Tulin Onsoi merupakan Sekolah pendidikan menengah yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa khususnya di wilayah perbatasan, Pada usia muda seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan agar dalam perjalanan menuntut ilmu pendidikan dapat meraih cita-cita menuju Indonesia maju yang berintegritas," ucap Danpos Salang

Lebih lanjut Danpos Salang menambahkan bahwa dalam pemberian materi Wawasan Kebangsaan disesuaikan dengan kemampuan daya pikir siswa-siswi setingkat SMK. Kegiatan ini tidak hanya berbentuk pembekalan di dalam ruangan, namun juga dipadukan dengan permainan-permainan yang dapat menumbuhkan kerja sama, saling hormat  menghormati, kesetiakawanan dan jiwa kejuangan.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 1 Tulin Onsoi, Bapak Badrun menyampaikan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang melalui Danpos Salang atas partisipasinya dalam memberikan pemahaman wawasan kebangsaan  kepada siswa-siswi anak didiknya.

"Kami sangat menyambut baik kegiatan ini, karena dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan semangat generasi muda di Perbatasan RI-Malaysia dalam mencintai NKRI" tandas Kepsek.

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17