3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Bakamla RI Gelar Operasi Udara Maritim di Wilayah Tengah dan Timur

Selasa, 15 Oktober 2019 14:58:22 - Oleh : admin - Dibaca : 11 kali

Bakamla RI Gelar Operasi Udara Maritim di Wilayah Tengah dan Timur

Menjaga laut dan perairan Indonesia sebagai tugas pokok Bakamla RI tidak hanya melakukan patroli dengan menggunakan unsur kapal patroli di laut, melainkan juga dilakukan dengan pengawasan di udara, salah satunya dengan menggelar Operasi Udara Maritim  "Bhuana Nusantara" VI yang memasuki hari terakhirnya hari ini, Selasa (15/10/2019).

Operasi udara yang digelar oleh Direktorat Operasi Udara Maritim Bakamla RI di bawah komando Laksma Bakamla Guntur Wahyudi tersebut berlangsung pada 4 - 15 Oktober 2019, dengan area pengawasan di Perairan Tarakan, Samarinda, Gorontalo, Palu dan Ternate.

Agar kegiatan Operasi Udara Maritim mencapai hasil maksimal, Kolonel Bakamla Aries Y. Nugroho ikut turut melaksanakan peninjauan Operasi Udara Maritim "Bhuana Nusantara" VI di Ternate. Sejak tanggal 12 - 14 Oktober 2019 Kolonel Aries turut memantau dan memberikan arahan terkait target operasi, serta melaksanakan koordinasi dengan stakeholder terkait di Ternate.

Operasi patroli udara yang berlangsung di wilayah kamla Zona Maritim Tengah dan Timur Bakamla RI ini didukung pesawat jenis Twin-Otter PK-BRQ dan melibatkan awak pesawat yang menangani Automatic Identification System (AIS), sandi, dan pemotretan udara. Selain personel Bakamla RI, operasi ini juga didukung oleh TNI AU dengan mengerahkan dua orang personelnya yang juga membantu menentukan target operasi.

 

Pemantauan udara yang dilakukan adalah untuk mendapatkan data visual secara langsung atas aktivitas kapal-kapal, yang sebelumnya diketahui dari monitoring dan pemantauan keamanan laut melalui dashboard Bakamla Integrated Information System (BIIS). Hasil dari pengamatan langsung melalui udara ini selanjutnya menjadi data dukung bagi tindak lanjut unsur kapal yang melaksanakan operasi laut.

 

 

 

 

Instagram
Twitter
Youtube
Facebook
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 16 April 2020
DPR Setujui Anggaran TNI untuk Covid–19 Ditambah
Kamis, 16 April 2020
Panglima Ungkap 15 Anggota TNI Meninggal Dunia karena Korona
Kamis, 16 April 2020
Panglima Bentuk Tim Usut Bentrok TNI–Polri di Papua
Kamis, 16 April 2020
Soal Kelompok Anarko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Beri Pernyataan Begini
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan