3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Cegah Peredaran Barang Ilegal, Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Rutin Adakan Pemeriksaan di Jalan Trans Papua

Minggu, 20 Oktober 2019 11:07:49 - Oleh : admin - Dibaca : 45 kali

Cegah Peredaran Barang Ilegal, Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Rutin Adakan Pemeriksaan di Jalan Trans Papua

Jalur lintas trans Papua merupakan jalan penghubung antar kabupaten di Papua. Merupakan jalan utama yang cukup strategis, tak jarang jalur ini juga kerap disalahgunakan untuk menyelundupkan barang-barang ilegal seperti miras, narkoba dan barang-barang ilegal lainnya.

Demi menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban diwilayah perbatasan khususnya di Kab. Merauke, 12 personel Pos Kout Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad dipimpin Patop Satgas Letda Ctp Firman Hadi melaksanakan pemeriksaan rutin terhadap kendaraan yang melintas di jalan Trans Papua, Distrik Sota, Merauke, Papua, Sabtu (19/10/2019) malam.

Letda Ctp Firman mengungkapkan, bagi setiap kendaraan yang melintas dijalan Trans Papua baik dari Kab.Merauke menuju Kab.Boven Digeol dan juga sebaliknya, pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku, mulai dari depan, bawah, dalam, atas dan belakang kendaraan.

"Pemeriksaan rutin ini dilaksanakan dalam rangka mencegah penyelundupan barang-barang ilegal yang dibawa melewati jalan Trans Papua ini. Dikhawatirkan terdapat barang-barang terlarang yang tentunya dapat merugikan negara dan terkhusus masyarakat ditapal batas," imbuhnya.

Kegiatan tersebut dilakukan bagi seluruh kendaraan yang melintas, untuk pemeriksaan sendiri difokuskan pada identitas, dokumen dan barang-barang yang dibawa oleh pengendara. Setelah melaksanakan pemeriksaan dari pukul 17.00 - 21.00 WIT tidak ditemukan adanya barang-barang ilegal dan terlarang yang dibawa oleh pengendara. 

Sementara itu ditempat terpisah Pasi Intel Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Lettu Inf Asep Saepudin mengatakan, kegiatan pemeriksaan rutin bagi kendaraan yang melintas dijalan Trans Papua ini dilakukan secara terjadwal pada siang maupun malam hari dititik tempat yang strategis.

"Seluruh kendaraan yang melintas dekat dengan perbatasan RI-PNG diperiksa dengan seksama oleh para personel Satgas. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menjaga keamanan khususnya diwilayah perbatasan serta mencegah berbagai kegiatan ilegal dan barang-barang terlarang lainnya," ucap Pasi Intel. 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17