3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Dandim 0707 Wonosobo Perintahkan Anggotanya Bantu Korban Bencana Alam

Selasa, 22 Oktober 2019 13:46:59 - Oleh : admin - Dibaca : 63 kali

Dandim 0707 Wonosobo Perintahkan Anggotanya Bantu Korban Bencana Alam

Kab. Wonosobo merupakan daerah pegunungan dan berbukit merupakan daerah rawan terjadinya kejadian bencana alam seperti tanah longsor, dan angin puting beliung, akan terus mengancam kehidupan manusia dan alamnya.

Di Kab. Wonosobo Sendiri terhitung sejak tanggal 19 Oktober 2019 sampai saat ini sudah banyak terkena musibah bencana alam seperti di Wilayah Kec. Garung, Kec. Kejajar, Kec. Kertek, Kalikajar, Kec. Sapuran dan Kec. Kepil sudah ada puluhan kejadian bencana alam, yang banyak menelan kerugian materiil berupa rumah warga dan lahan pertanian mengalami rusak berat maupun rusak ringan.

Bencana alam merupakan salah satu bentuk kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa, dan dengan kekuasaan-Nya juga, Tuhan memberikan petunjuk melalui tanda-tandanya kepada manusia. Tanda-tanda bencana alam, perlu kita ketahui bersama sebagai bekal untuk lebih waspada terutama di wilayah kita yang rawan bencana alam.

Komandan Kodim 0707 Wonosobo mengatakan ribuan Korban Bencana Alam membutuhkan materiial untuk memperbaiki rumahnya dan pengungsi juga membutuhkan bantuan logistik, dan selimut untuk penghangat tubuh, karena saat kejadian tidak sempat membawa bekal pakaian langsung lari menyelamatkan diri.

Peristiwa bencana alam pastinya menyisakan trauma bagi para pengungsi maupun korban bencana itu sendiri, mengingat rumah mereka banyak yang roboh. Kehilangan harta benda bahkan keselamatan dan nyawa orang-orang yang dikasihi. Kejadian bencana alam, seperti angin puting beliung yang tentunya datang secara tiba-tiba, perlu penanganan khusus dan perhatian dari pemerintah daerah ataupun pusat. Dengan memberikan pengertian kepada warga masyarakat dan berbagai penyuluhan, serta pelatihan dalam rangka menghadapi bencana alam susulan. Terutama pada daerah berpotensi bencana alam dan antisipasinya. Jelas Dandim

Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat juga menambahkan, setiap terjadi bencana alam, TNI AD melalui satuan-satuan komando kewilayahannya dengan sigap memberikan bantuan kepada para korban bencana alam tersebut. Bantuan kepada para korban bencana alam tersebut dapat berupa evakuasi korban yang selamat, mencari korban yang terkena bencana maupun tindakan-tindakan cepat tanggap lainnya seperti pendirian tenda bagi para pengungsi korban bencana, pendirian dapur-dapur lapangan dan rumah sakit lapangan maupun pendampingan trauma pasca bencana.

Tindakan tanggap dan cepat dari Staf Ops atau Pasiops Kodim 0707 Wonosobo kita apresiasi bersama sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membantu dan menanggulangi bencana alam

Kapten Czi Sarwiyono yang menjabat sebagai Pasiops langsung melaksanakan apel siaga yang bertempat di halaman Kodim 0707 Wonsobo memerintahkan kepada setiap Koramil yang tidak terkena bencana alam seperti angin puting beliung diharapkan anggotanya untuk membantu koramil yang terkena musibah bencana alam disetiap wilayah juga mengajak bekerja sama dengan instansi terkait dalam mengatasi bencana alam dengan aparat TNI/Polri, tim SAR dan tim kesehatan, dalam mengatasi angin puting beliung maupun bencana alam lainnya, terutama menyiapkan kebutuhan para pengungsi, seperti kebutuhan logistik, tempat pengungsian dan pos-pos kesehatan. jelas Sarwiyono

Dengan perintah Komandan Kodim 0707 Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat saat ini Anggota KOdim 0707 Wonosobo tengah membantu musibah korban bencana alam yang tersebar di Kabupaten Wonobo.

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17