3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Ciptakan Ketahanan Pangan, Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Siapkan Lahan Pertanian

Selasa, 22 Oktober 2019 16:23:35 - Oleh : admin - Dibaca : 35 kali

Ciptakan Ketahanan Pangan, Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Siapkan Lahan Pertanian

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad, siapkan lahan dan bibit sayuran di Kampung Senggi, Distrik Senggi, Kab. Keerom, Papua. Selasa (22/10).

Kapten Inf Sujito, Komandan Kompi (Danki) Pos Kotis Senggi menuturkan, kegiatan itu merupakan bagian dari bakti TNI di perbatasan RI-Papua New Guinea (PNG) sebagai bentuk kepedulian prajurit dalam membantu masyarakat di perbatasan.

Distrik Senggi yang memiliki suhu yang relatif sejuk dan dingin berada  di dataran tinggi, sehingga sangat cocok untuk bercocok tanaman produktif jenis sayuran seperti cabai, terong, ketimun, tomat, kacang panjang, sawi dan bayam. Hal tersebut dimanfaatkan oleh para anggota Satgas di lahan kosong milik Dinas perhubungan bandara senggi.

Sebelumnya lahan tersebut sangat lebat oleh tanaman tak berproduktif, kini ditangan para prajurit Yonif Raider 509 Kostrad lahan tersebut disulap menjadi lahan yang siap ditanam. Serka Dwi Agus dengan lima orang anggota menyiapkan lahan dan bibit sayuran yang akan di tanam di lahan milik Dinas perhubungan udara bandara senggi.

"Saya harap, dengan  lahan pertanian dan bibit sayuran tersebut, masyarakat disini dapat memproduksi sayur-sayuran yang dapat bermanfaat bagi seluruh warga yang ada di distrik Senggi" tutur Dwi.

Selain membantu petani dan masyarakat dalam penyiapan lokasi lahan pertanian, kata dia, Dankima Pos Kotis Senggi Kapten Inf Sujito disela-sela waktu yang ada juga memberikan motivasi dan cara bercocok tanam kepada warga.

"Memanfaatkan lahan kosong di sekitar bandara senggi untuk di tanami tanaman produktif jenis sayuran seperti cabai, terong, ketimun, tomat, kacang panjang, sawi dan bayam, juga merupakan bentuk mendukung program Pemerintahan tentang Ketahanan Pangan Nasional", ujarnya.

"Sebab dengan adanya pemanfaatan lahan kosong tersebut masyarakat memiliki tanaman pangan sendiri akan mengurangi ketergantungan pangan dari luar dan pastinya lebih sehat tanaman sayur-sayuran yang diproduksi oleh diri sendiri", imbuhnya.

Dalam kegiatan bakti TNI yang di laksanakan oleh prajurit Satgas Yonif Raider 509 Kostrad di daerah perbatasan, kata dia, bertujuan untuk membantu meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan masyarakat.  

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17