3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Peserta dan Pelaku Lat Ops Gulben Palu Koarmada II TA. 2019 Menerima Pembekalan dari BNPB Sulsel dan Basarnas Makassar

Kamis, 14 November 2019 15:03:59 - Oleh : admin - Dibaca : 96 kali

Peserta dan Pelaku Lat Ops Gulben Palu Koarmada II TA. 2019 Menerima Pembekalan dari BNPB Sulsel dan Basarnas Makassar

Peserta dan pelaku Latihan Operasi Penanggulangan Bencana (Lat Ops Gulben) Palu Komando Armada II (Koarmada II)  TA. 2019 menerima  pembekalan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB Prov. Sulsel dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Makassar bertempat di Gedung Werving Mako Lantamal VI. Kamis (14/11/2019).

Puluhan peserta dan pelaku Lat Ops Gulben Palu Koarmada II TA. 2019 yang sedang digelar oleh  Lantamal VI Makassar ini  berasal dari  Mako Lantamal VI Makassar, Lanal Palu Sulteng dan Yonmarhanlan VI Makassar.

Dalam pembekalan yang pertama, Kepala BPBD Pemprov Sulsel dalam hal ini diwakili  Kabid  Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pemprov Sulsel Drs. Endro Yudo Waryono, M,Si mengatakan bahwa komando merujuk pada upaya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi seluruh unsur dalam organisasi komando tanggap darurat untuk penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan pengurusan pengungsi, penyelamatan serta pemulihan sarana dan prasarana dengan segera pascabencana.

Memberikan pertolongan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana harus menjadi prioritas utama tugas prajurit TNI dan tim SAR lainnya,di manapun mereka ditugaskan ujar  Drs. Endro Yudo Waryono, M,Si.

Sementara itu di pembekalan kedua yang disampaikan oleh  Kepala kantor SAR Kota Makassar dalam hal ini diwakili Bpk Arianto memaparkan tentang sejarah singkat berdirinya Basarnas.

"Adanya organisasi Basarnas akan memberikan rasa aman dalam penerbangan dan pelayaran serta di darat. Penerbangan dan pelayaran internasional yang melintasi wilayah Indonesia membutuhkan jaminan tersedianya penyelenggaraan SAR apabila mengalami musibah di wilayah Indonesia, ujar Bpk  Arianto.

Turut hadir dalam pembekalan tersebut, Danlanal Palu Kolonel Laut (P)  Tommy Herlambang, S.E, Dansatrol Lantamal VI Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y Siagian S.T., M.M, Dandenma Lantamal VI, Karumkit Jalaamari Lantamal VI, Pabanren Ops Sops Lantamal VI serta seluruh Peserta dan pelaku Lat Ops Gulben Koarmada II Palu Tahun 2019.

 

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 16 Januari 2020
Panglima TNI–Kapolri bertolak ke Pulau Morotai tinjau prajurit di perbatasan
Senin, 13 Januari 2020
Panglima TNI Dampingi Presiden Tinjau Helikopter Caracal di Halim Perdanakusuma
Jum`at, 10 Januari 2020
Bertemu Panglima TNI, Menlu membahas evakuasi ratusan WNI dari Iran
Jum`at, 10 Januari 2020
Jaga Kedaulatan Indonesia, Panglima TNI Perintahkan 4 Pesawat F16 Patroli Rutin Ke Natuna
Jum`at, 10 Januari 2020
Panglima TNI: Kapal Asing Bisa Lewat di ZEE, tapi Tak Bisa Ambil Ikan