3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Komsos Terpadu Melalui Penghijauan Dan Penyuluhan

Jum`at, 15 November 2019 16:32:26 - Oleh : admin - Dibaca : 69 kali

Komsos Terpadu Melalui Penghijauan Dan Penyuluhan

Kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan Binter Terpadu (Pembinaan Teriotrial) di Kecamatan Wadaslintang.  Kegiatan ini terdiri dari penyuluhan tentang bahaya radikalisme kepada tokoh masyarakat Wadaslintang, penyuluhan Bela negara kepada siswa SMA dan SMK Wadaslitang dan ditutup dengan penanaman bibit pohon 10.000 batang di 12 desa se Wadaslintang. Jumat (15/11)

Dalam sambutannya Dandim menyampaikan bahwa kegiatan Binter Terpadu merupakan bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat.  Dengan adanya 3 kegiatan sekaligus diharapkan membawa manfaat yang besar kepada masyarakat khususnya Wadaslintang.   Karena dalam kegiatan ini selain kegiatan fisik juga non fisik untuk keseimbangan dalam hidup.

Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menyampaikan dihadapan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat bahwa saat ini bahaya radikal cukup memeperihantinkan kelangsungan NKRI.  Untuk itu diharapkan  kepada para tokoh agar kita semua selalu waspada, kita sudah punya warisan leluhur yang sangat bagus yaitu Pancasila.  Itu merupakan dasar hidup bagi bangsa Indonesia yang tepat karena kita terdiri dari berbagai macam suku, adat, agama bahasa dan sebagainya.

Lebih lanjut disampaikan dalam hal bela negara kepada anak anak sekolah bahwa sebagai warga negara harus paham tentang bela negara.  Bela negara itu tidak hanya memanggul senjata saja.  Bela negaranya untuk anak sekolah adalah dengan belajar yang rajin, tidak bolos, tidak menggunakan narkoba, tidak ikut perkelahian. 

Sebagai pelajar gunakanlah waktu yang ada untuk belajar sebaik mungkin raihlah pretasi setinggi mungkin.  dengan ilmu yang didapat saat sekolah kelak jika sudah selesai maka bisa digunakan membela negara sesuai dengan bidang pekerjaannya masing - masing.

Sedangkan kegiatan penghijauan ini sebagai bentuk keperihatinan Kodim terhadap surutnya air di waduk Wadaslintang.  Disaat musim kemarau ini karena sudah banyak pohon yang ditebang dan rusaknya alam maka menyebabkan mata air banyak yang mati.  Salah satu cara menghidupkan kembali mata air adalah dengan adanya reboisasi disekitar waduk. Untuk itu dalam kesempatan ini Kodim mengajak kepada masyarakat agar bersama - sama menanam pohon lagi.  Saat ini baru 10.000 batang.  Jika dirasa kurang maka Kodim siap dukung bibit lagi.

Pesan Dandim kepada masyarakat agar pohon yang ditanam saat ini agar dirawat dan dijaga sehingga bisa tumbuh besar.  Menanam hal yang mudah, akan tetapi merawat butuh waktu yang lama.  Untuk itu dibtuhkan kesadaran bersama, pohon yang ditanam akan membawa manfaat seperti mata air muncul lagi, bisa dijadikan sebagai tempat wisata dan lain sebagainya.  

Kapten Inf Iwan Nafarin selaku ketua penyelenggara menyampaikan kegiatan penghijauan ini sebagai kegiatan membuat sabuk hijau di Waduk Wadaslintang.  Pohon yang diberikan kepada masyarakat ke 12 Desa adalah jenis Jati, Mahoni, Trembesi, Nyamplung dan Sirsat.  Saat ini baru 10.000 batang.  Untuk bulan Desember akan di drop lagi bibit sesuai pengajuan dari tiap desa. 

Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim 0707/Wonosobo yang telah menyelenggarakan kegiatan secara terpadu yaitu kegiatan pembinaan tentang bahaya radikal, bela negara dan penghijauan dengan melibatkan 12 desa.  Ini merupakan kegiatan yang saling bersinggungan. Semoga kegiatan ini membawa kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Wadaslintang pada khususnya dan Wonosobo pada umumnya.  Kami atas nama Pemda Wonosobo sangat mendukung kegiatan ini. Pesan kepada para kepala desa yang mendapatkan bibit agar tanaman yang sudah ditanam benar benar dijaga dan dirawat dengan baik sehingga bisa tumbuh besar.

 

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak