3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Satgas Yonif R 142/KJ Memanfaatkan Limbah Botol Plastik Air Mineral Untuk Dijadikan Kerajinan Bagi Masyarakat

Senin, 18 November 2019 10:58:39 - Oleh : admin - Dibaca : 52 kali

Satgas Yonif R 142/KJ Memanfaatkan Limbah Botol Plastik Air Mineral Untuk Dijadikan Kerajinan Bagi Masyarakat

Personel Pos Maubusa Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ memberikan ilmu pengetahuan kerajinan tangan berupa Ecobrick kepada warga masyarakat Desa Asumanu Kec. Raihat Kab. Belu NTT.

"Melihat sampah botol plastik yang terus meningkat dan berdampak kepada kebersihan lingkungan, maka personel Pos Maubusa telah berinisiatif untuk memanfaatkan limbah tersebut melalui sistem Ecobrick agar dapat dimanfaatkan kembali menjadi suatu bentuk kerajinan," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas (15/11/2019).

Ecobrick merupakan istilah yang dipakai dalam pemanfaatan botol plastik sehingga dapat dijadikan sebuah kerajinan tangan, baik berbentuk kursi, meja dan bentuk-bentuk lainnya.

"Cara yang digunakan juga cukup sederhana, yaitu dengan melekatkan botol-botol bekas tersebut menggunakan alat perekat sehingga dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari," terangnya di Mako Satgas Atambua.

Diungkapkan Dansatgas, produksi plastik yang tinggi telah memicu permasalahan sosial dilingkungan masyarakat, karena limbah dalam bentuk plastik sangat sulit diurai dalam ekosistem, sehingga hal ini telah menjadi tantangan besar bagi Bangsa, salah satu contohnya adalah botol plastik bekas.

"Kegiatan ini dipimpin oleh Serda Zulkarnaen Sitepu beserta 4 orang personel lainnya, bersama masyarakat mereka mencoba memanfaatkan limbah platik agar dapat digunakan kembali," tegasnya.

Dengan pemanfaatan limbah plastik diharapkan dapat meningkatkan lingkungan yang sehat bagi warga masyarakat sehingga terwujud ekosistem yang baik, bersih serta bebas dari sampah.

Terpisah, Bpk. Garvasius Bau (52) selaku Kepala Desa Asumanu bersama warga masyarakat menyambut positif kegiatan yang dilaksanakan personel Pos Maubusa Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ.

"Saya mewakili warga masyarakat Desa Asumanu mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang berada di Pos Maubusa, karena telah berbagi ide kreatif dan memberikan solusi terbaik tentang sampah plastik bagi warga masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Serda Zulkarnaen Sitepu menyampaikan harapannya terhadap warga desa binaan yaitu Desa Asumanu.

"Semoga kami dapat menjadi motor perubahan bagi warga masyarakat Desa Asumanu untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga wilayah ini dapat menjadi daerah bebas sampah," tandasnya.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak