3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Menyambut Hari Juang Kartika, Satgas Yonif R 142/KJ Bersama Puskesmas Wedomu Gelar Pengobatan Gratis di Wilayah Perbatasan

Senin, 9 Desember 2019 11:50:31 - Oleh : admin - Dibaca : 73 kali

Menyambut Hari Juang Kartika, Satgas Yonif R 142/KJ Bersama Puskesmas Wedomu Gelar Pengobatan Gratis di Wilayah Perbatasan

Personel Pos Fatubesi Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pengobatan gratis dalam rangka memperingati Hari Juang Kartikakepada masyarakat Dusun Hasmetan Desa Takirin Kec. Tasifeto Timur Kab. Belu NTT.

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI dalam mewujudkan masyarakat sehat sekaligus memperhatikan kesehatan masyarakat di wilayah perbatasan RI-RDTL," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

"Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membantu mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan, sehingga keberadaan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ ditengah-tengah mereka dapat bermanfaat dan terjalin hubungan harmonis dan humanis," imbuhnya.

"Terbatasnya transfortasi milik masyarakat mempersulit mereka untuk datang ke puskesmas selama ini," tegas Dansatgas.

"Sehingga personel Pos Fatubesi hadir bersama tim dari Puskesmas untuk datang ke Balai Dusun guna mengecek kesehatan masyarakat agar terhindar dari penyakit yang berbahaya" imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (8/12/2019).

"Melalui kegiatan Komunikasi Sosial yang dilakukan personel Pos Fatubesi menemukan beberapa orang masyarakat yang terkena penyakit dan belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai," papar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

"Hal ini dikarenakan jarak Puskesmas maupun Pos Fatubesi dengan pemukiman warga relatif jauh sehingga membuat masyarakat hanya mengunakan pengobatan tradisional yang ada," tegasnya lebih lanjut.

"Sehingga Sertu Angga selaku Danpos Fatubesi berinisatif untuk melaksanakan kegiatan pengobatan gratis di Balai Dusun untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan," ungkap Dansatgas lebih lanjut.

"Kegiatan ini sendiri terlaksanakan atas kerjasama personel Pos Fatubesi dengan tim kesehatan dari Puskesmas Wedomu," imbuhnya lebih lanjut.

Sebagaimana kita ketahui bersama, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian personel Pos Fatubesi terhadap kesehatan warga masyarakat desa binaan tentang pentingnya kesehatan pribadi dan lingkungan masyarakat perbatasan.

"Kegiatan ini sendiri dipimpin langsung oleh Sertu Angga selaku Danpos Fatubesi bersama 6 orang personelnya," ungkap Dansatgas.

Terpisah, Bpk Dion (59) selaku Kepala Puskesmas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pos Fatubesi Satgas Yonif R 142/KJ yang telah berinisiatif dan bekerjasama sehingga kegiatan ini berlangsung dengan aman dan lancar.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang telah bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan pengobatan garatis ini, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan hendaknya kegiatan ini terlaksana secara rutin dan terprogram kedepanya," ungkap Kepala Puskesmas ini.

Sementara itu, Engel (30) selaku Ketua Pemuda Desa Takirin mengucapkan banyak terima kasih kepada Pos Fatubesi yang telah membantu memfasilitasi pelayanan kesehatan untuk mereka.

"Saya mewakili warga masyarakat mengucapkan terima kasih atas partisipasi bapak TNI dan Puskesmas Widomu dalam melayani kehatan masyarakat di desa kami, karena selain membantu masyarakat, juga dapat mempererat hubungan kekeluargaan antara masyarakat perbatasan dengan personel Satgas Yonif R 142/KJ," imbuhnya.

Sementara itu, Pratu Hamdani selaku personel kesehatan di Pos Fatubesi mengaku sangat senang dapat membantu melayani masyarakat di bidang kesehatan.

"Untuk kemajuan masyarakat perbatasan personel Satgas Yonif R 142/KJ siap membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, sehingga lebih mempererat hubungan silaturahmi dengan warga masyarakat di perbatasan," ucapnya.

"Kami juga berharap keberadaan kami ditengah-tengah masyarakat dapat dirasakan manfaatnya secara langsung," tandasnya. 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 16 Januari 2020
Panglima TNI–Kapolri bertolak ke Pulau Morotai tinjau prajurit di perbatasan
Senin, 13 Januari 2020
Panglima TNI Dampingi Presiden Tinjau Helikopter Caracal di Halim Perdanakusuma
Jum`at, 10 Januari 2020
Bertemu Panglima TNI, Menlu membahas evakuasi ratusan WNI dari Iran
Jum`at, 10 Januari 2020
Jaga Kedaulatan Indonesia, Panglima TNI Perintahkan 4 Pesawat F16 Patroli Rutin Ke Natuna
Jum`at, 10 Januari 2020
Panglima TNI: Kapal Asing Bisa Lewat di ZEE, tapi Tak Bisa Ambil Ikan