3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

TNI, Polri dan KPH Batu Lante Amankan BB di Kawasan Hutan Jati Sumbawa

Jum`at, 17 Januari 2020 14:50:23 - Oleh : admin - Dibaca : 70 kali

 TNI, Polri dan KPH Batu Lante Amankan BB di Kawasan Hutan Jati Sumbawa

Patroli gabungan dari Kodim 1607/Sumbawa bersama Polsek Moyo Hulu dan KPH Batu Lante membuahkan hasil berupa penemuan kayu dalam bentuk kusen sepanjang 2 meter di kawasan hutan jati Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa, Rabu malam (15/1).

Danramil 1607-08/Moyo Hulu Kapten Inf Tri Budi S yang ikut langsung patroli membenarkan pihaknya bersama anggota Polsek Moyo Hulu dan KPH Batu Lante yang dipimpin Kasi Pengamanan KPH Suparman, S.Hut., melaksanakan patroli di sekitar kawasan hutan jati untuk memenimalisir penebangan pohon secara liar dan ilegal loging.

"Alhamdulillah barang bukti yang diamankan petugas di Kantor KPH berupa kayu jati sebanyak lima batang dalam bentuk kusen dengan panjang 2 meter," terang Ikhsan.

Terpisah Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., menyampaikan pengamanan dan penyelamatan hutan harus dilakukan secara terpadu mengingat hutan sebagai sumber daya alam yang didalamnya terdapat keanekaragaman hayati sekaligus sebagai penyangga tanah dan air.

Menurutnya, perlindungan hutan tidak hanya mengatasi kerusakan, melainkan juga diarahkan untuk mengenali dan mengevaluasi semua sumber kerusakan agar kerusakan yang besar dapat dihindari, sehingga kerusakan hutan dapat ditekan seminimal mungkin dari penyebab-penyebab yang berpotensi merusak hutan.

"Kondisi hutan di NTB khususnya di Kabupaten Sumbawa sudah memprihatinkan akibat penebangan liar yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga harus dilakukan penanganan secara terpadu salah satunya melalui operasi gabungan," jelas Samsul.

Pria kelahiran Jawa Timur tersebut juga berharap agar seluruh komponen masyarakat ikut berperan aktif membantu penyelamatan hutan sesuai dengan profesinya sehingga dapat mengembalikan fungsi hutan seperti semula.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 13 Februari 2020
Tinjau Kesiapan Pemprov Cegah Karhutla, Kapolri dan Panglima TNI Besok Kunjungi Riau
Kamis, 16 Januari 2020
Panglima TNI–Kapolri bertolak ke Pulau Morotai tinjau prajurit di perbatasan
Senin, 13 Januari 2020
Panglima TNI Dampingi Presiden Tinjau Helikopter Caracal di Halim Perdanakusuma
Jum`at, 10 Januari 2020
Bertemu Panglima TNI, Menlu membahas evakuasi ratusan WNI dari Iran
Jum`at, 10 Januari 2020
Jaga Kedaulatan Indonesia, Panglima TNI Perintahkan 4 Pesawat F16 Patroli Rutin Ke Natuna