3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Hadiri Coffe Morning, Danstrol Lantamal X Bahas Pelanggaran Hingga Pencemaran Laut

Selasa, 21 Januari 2020 14:01:52 - Oleh : admin - Dibaca : 38 kali

Hadiri Coffe Morning, Danstrol Lantamal X Bahas Pelanggaran Hingga Pencemaran Laut

Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal X Kolonel Laut (P) Dian Tri Hutanto S.Kel., M.M., mewakili Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika menyampaikan informasi tentang perkembangan tindak pidana di laut hasil operasi yang dilakukan oleh Satrol Lantamal X pada acara Coffe Morning Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura. Bertempat di Dante Caffee Jayapura, Selasa (21/01/2020).

Dansatrol Lantamal X menjelaskan bahwa selama operasi laut tahun 2019, Lantamal X telah berhasil menindak setidaknya 5 pelanggaran tindak pidana  di laut. Diantaranya penangkapan  1 Speedboat beserta barang bukti 1,2 Ton BBM MT-88 dengan 1 tersangka.

Pada bulan Mei 2019, Satrol Lantamal X juga menindak pelanggaran pelayaran yang dilakukan Tagboat Aldrick dan kapal Tongkang Robby-315. Hasil penyidikan oleh TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal X, telah dinyatakan P-21 oleh Jaksa Penuntut Umum Kejati Papua dengan Surat P-21 No. B-15/R.1.4/Eku.1/01/2020 tanggal 15 Januari 2020.

Sedangkan medio bulan Oktober dan Desember 2019 telah menangkap 6 orang WNA asal Papua New Guenea (PNG) serta 4 orang WNI yang menyelundupkan komoditas buah pinang asal PNG dengan total barang bukti 3,7 Ton dan 5 unit Speedboat.

"Dibutuhkan kerja sama yang terpadu antar instansi untuk meminimalisir tindak pidana di laut, terutama tindakan ilegal dan melanggar hukum yang dilakukan oleh pelintas batas, baik warga Indonesia maupun warga PNG.", ujar Kolonel Laut (P) Dian Tri Hutanto S.Kel., M.M.

Kolonel Laut (P) Dian Tri Hutanto S.Kel., M.M., juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di kota Jayapura untuk menjaga keindahan dan kelestarian laut bebas dari sampah plastik dan limbah rumah tangga.

"Perlunya kerjasama dari seluruh stakeholder untuk memberikan edukasi dan pengertian kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah di laut dan aliran sungai.", ungkap Dansatrol Lantamal X di depan tamu undangan.

Dalam kesempataan itu pula dibicarakan tentang keselamatan pelayaran di alur masuk Pelabuhan Jayapura dengan adanya kerangka kapal tongkang Wara-1 yang tenggelam, untuk dilakukan proses scrapping.      
                                                                                                 
Sementara itu Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura, Bapak Muklis Natsir dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mensosialisasikan Undang-undang No.21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan (KHIT).
"Dengan berlakunya UU Nomor 21 tahun 2019 Tentang  KHIT maka UU Nomor 16 tahun 1992 KHIT tidak berlaku lagi karena banyak perubahan di dalamnya.", terangnya.

Tampak hadir pada acara tersebut GM. Pelindo,. GM Pelni, para Penguna Jasa  Ekspedisi Angkutan Kapal Laut, Navigasi Jayapura, KSOP Jayapura, Kepala BKSDA Jayapura, Kapolsek KP3 Laut, Kapolsek Jayapura Utara, PT. Tandan Sawita Papua, Bea Cukai dan Imigrasi Jayapura.

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan