3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, Temukan Kebun Ganja di Perbatasan RI-PNG

Jum`at, 24 Januari 2020 06:58:42 - Oleh : admin - Dibaca : 84 kali

Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, Temukan Kebun Ganja di Perbatasan RI-PNG

Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad temukan kebun ganja di wilayah perbatasan RI-PNG ketika melaksanakan patroli keamanan sekitar 2 km dari Pos Kalimao Kampung Kalimao, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua. Selasa (21/1).

Kebun ganja ini ditemukan ketika Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Pos Kalimao yang dipimpin Komandan Pos Letda Inf Wanianto beserta 6 orang personel melaksanakan patroli bersama dengan pihak Kepolisian Sektor Waris yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Waris Iptu Sultan bersama 5 orang personil untuk melaksanakan patroli keamanan ke wilayah perbatasan.

Patroli ini bertujuan untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan dan mengantisipasi peredaran narkoba terutama jenis ganja yang selama ini peredarannya banyak dari wilayah perbatasan RI-PNG.

Pada saat memasuki kawasan hutan dan menyusuri sungai, ditengah perjalanan prajurit TNI menemukan kebun ganja seluas kurang lebih 15x50 meter, dengan pohon ganja sebanyak 102 batang yang terdiri dari 55 batang dengan ketinggian mencapai 2-3 meter dan 47 batang dengan ketinggian mencapai 1 meter. Tanaman tersebut tumpangsari dengan tanaman lain diantaranya tanaman tembakau, jagung dan singkong.

"Setelah ditemukan dilakukan pencarian terhadap orang yang diduga pemilik kebun ganja tersebut tetapi tidak ditemukan", ujar Wanianto.

Penemuan kebun ganja tersebut langsung dilaporkan kepada Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Letkol Inf Wira Muharommah S.H. Psc. Setelah dilaksanakan koordinasi kemudian tanaman ganja tersebut langsung dicabut dan barang bukti diamankan.

Sementara, Dansatgas menyampaikan kepada para prajuritnya untuk mengantisipasi dan mencegah peredaran narkoba jenis ganja di daerah perbatasan. Maka pihaknya meningkatkan dan mengintensifkan pelaksanaan sweeping dan patroli keamanan di wilayah perbatasan.

"Penemuan kebun ganja ini merupakan hasil Patroli bersama Satgas dengan Polsek Waris dari pengembangan hasil sweeping dan pemberian informasi dari masyarakat sekitar. Kami akan menyisir kawasan hutan wilayah perbatasan untuk memastikan tidak ada lagi kebun ganja", tegas Wira. 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan
Kamis, 13 Februari 2020
Tinjau Kesiapan Pemprov Cegah Karhutla, Kapolri dan Panglima TNI Besok Kunjungi Riau
Kamis, 16 Januari 2020
Panglima TNI–Kapolri bertolak ke Pulau Morotai tinjau prajurit di perbatasan
Senin, 13 Januari 2020
Panglima TNI Dampingi Presiden Tinjau Helikopter Caracal di Halim Perdanakusuma
Jum`at, 10 Januari 2020
Bertemu Panglima TNI, Menlu membahas evakuasi ratusan WNI dari Iran