3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Prajurit Satgas Yonif 411 Kostrad Rayakan Hari Raya Galungan di Papua

Kamis, 20 Februari 2020 14:33:59 - Oleh : admin - Dibaca : 111 kali

Prajurit Satgas Yonif 411 Kostrad Rayakan Hari Raya Galungan di Papua

Prajurit TNI beragama Hindu yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad turut merayakan Hari Raya Galungan di medan tugas tepatnya di Pura Agung Amertha Sari, Kota Merauke, Papua.

Sebanyak empat personel Satgas yang dipimpin oleh Perwira Operasi (Pasi Ops) Satgas Lettu Inf Kerti Dharma Sugita, S.T.Han, melaksanakan persembahyangan Hari Raya Galungan bersama umat Hindu di Kota Merauke dipimpin oleh Pinandita Dwiyono.

Galungan adalah salah satu hari raya umat Hindu yang datang 210 hari sekali, jatuh pada hari Rabu Kliwon, dengan Wuku Dulungan. Hari Raya Galungan merupakan kebenaran atas ketidakbenaran atau sering disebut kemenangan Dharma melawan Adharma.

"Galungan ini adalah puncak kemenangan umat Hindu melawan kebatilan. Dharma atau kebaikan harus diutamakan, sebab yang namanya pahala tidak akan kemana, ada hukum alam yang tidak bisa dipungkiri. Apabila berbuat baik, pahalanya otomatis baik, dan sebaliknya," kata Lettu Inf Kerti Dharma Sugita, S.T.Han., dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/2/2020).

Lettu Inf Kerti menambahkan, perayaan Galungan ini dilaksanakan bertujuan untuk mempertebal keyakinan pada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan juga menjalin silaturahmi umat Hindu yang sedang bertugas di Perbatasan RI-PNG dengan warga masyarakat di Kota Merauke.

Diakhir rangkaian upacara, mewakili Dansatgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pasi Ops Satgas Lettu Inf Kerti Dharma Sugita juga menyerahkan cinderamata berupa miniatur Pura hasil karya personel Satgas kepada Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Merauke Wayang Suastra.

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua
Selasa, 27 April 2021
Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kabinda Papua di Bandara
Selasa, 27 April 2021
TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik