3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Danlanal Bersama Gubernur dan Forkompimda Bengkulu Meninjau Pulau Enggano

Jum`at, 21 Februari 2020 17:00:09 - Oleh : admin - Dibaca : 82 kali

 Danlanal Bersama Gubernur dan Forkompimda Bengkulu Meninjau Pulau Enggano

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu, Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi bersama Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, Forkompinda dan Kepala Dinas Instansi terkait, melaksanakan kunjungan kerja ke Pulau Enggano yang merupakan pulau terluar NKRI di wilayah Provinsi Bengkulu dalam rangka memastikan situasi dan kondisi keamanan di Pulau tersebut yang juga masuk dalam wilayah kerja Lanal Bengkulu. 

Saat ini Pulau Enggano perlu mendapat perhatian khusus terkait pasokan kebutuhan pokok khususnya BBM untuk masyarakatnya terutama untuk kebutuhan listrik. Pemerintah Provinsi Bengkulu berusaha menjaga agar perekonomian Pulau Enggano tetap stabil dan situasi tetap aman serta kondusif. Terkait dengan distribusi BBM ke Pulau Enggano Pemerintah Provinsi akan mengoptimalkan sumber daya yang ada mulai dari kapal fery yang dapat mengangkut truk tangki muat BBM sampai dengan kapal milik PT. Pertamina, namun demikian tidak menutup kemungkinan Pihak Provinsi Bengkulu juga akan bersurat kepada pihak PT. Pertamina untuk dapat menjajaki kerjasama dengan TNI AL untuk mengantisipasi situasi yg urgent dalam pelaksanaan suplai bahan pokok dan BBM sama halnya dengan kerjasama yang telah dilakukan oleh BI dengan TNI AL dalam rangka penyaluran mata uang Rupiah ke pulau-pulau terluar NKRI. Namun kerjasama yang akan diusulkan tetap merupakan kewenangan pada level pimpinan pusat, baik TNI AL dan Pertamina," pungkas Danlanal.

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah pada kunjungan kerjanya ke Pulau Enggano, mencanangkan Lima Piagam Membangun Enggano antara lain, perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan renovasi dermaga dan pelayanan bandara, jaminan pengiriman BBM, kelengkapan fasilitas kesehatan dan pendidikan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat atas potensi buah pisang dan emping melinjo.

Dijelaskan, jalan di Pulau Enggano sepanjang 32 kilometer yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, kondisi saat ini memang sedang rusak parah. Tahun 2016 lalu, jalan tersebut pernah dilakukan perbaikan, namun terhenti lantaran terlibat kasus hukum. Untuk itu akan segera dilakukan perbaikan jalan, pembangunannya akan dilakukan secara bertahap, agar bisa rampung dikerjakan. "Maka setelah pulang dari Pulau Enggano, kita akan memapping dulu rencana pembangunannya," ungkapnya. 

Perbaikan pelabuhaan Kayapu yang tidak layak akan dilaksanakan mulai bulan April mendatang, pekerjaan rehab oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan dilakukan. Anggaran pembangunanya sudah disiapkan sekitar Rp 6,9 miliar, yang selesai dikerjakan selama 6 bulan kedepan. Sebab, kerusakan pelabuhaan itu membuat kapal Pulo Tello yang selama ini ke Pulau Enggano tidak lagi bisa bersandar."Rancangan desain pembangunanya sudah diajukan. April depan sudah bisa dikerjakan. Termasuk kapal yang akan perbaikan, sebelum diperbaiki sudah ada kapal pengganti terlebih dahulu," tuturnya.

Gubernur juga akan memanggil pihak maskapai untuk menambah jadwal penerbangan baru dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu ke Bandara Pulau Enggano. Jika selama ini penerbangan hanya seminggu satu kali pada Minggu genap tiap bulannya, maka mulai tahun ini akan ditambah menjadi dua kali penerbangan setiap Minggunya. Gubernur akan mengundang pihak Bandara Fatmawati dan maskapai untuk penambahan jadwal penerbangan, sementara untuk pelayanan kesehatan, jika selama ini di Pulau Enggano tidak ada rumah sakit rawat inap, maka setelah ini akan akan ditambah fasilitas dua unit kamar rawat inap. Sehingga ketika masyarakat Enggano sakit, bisa diobati secara maksimal, bukan dengan rawat jalan. "Untuk dokternya nanti kita petakan untuk pembagiannya. Jika memungkinkan dokternya merupakan warga Enggano.

Untuk pelayanan pendidikan, tenaga pendidiknya jika kurang bisa ditambah guru dari orang Enggano itu sendiri, pemberdayaan ekonomi masyarakat, atas potensi pisang dan emping melinjo, pemprov akan meminta kepada Univeritas Bengkulu (UNIB) meneliti untuk potensi tersebut. Bisa saja nantinya, pisang itu akan dijadikan tepung dan emping melinjo dengan kualitas baik. "Jika sudah ada hasilnya, maka masyarakat bisa menjadikan komoditi tersebut menjadi sumber penghasilan, Jadi ketika pisang tidak bisa dijual keluar, maka masyarakat bisa membuat olahan untuk tetap bisa dijual," ungkap Rohidin. Lima piagam pembangunan pulau Enggano itu dilakukan, selain bisa meningkatakan kesejahteran masyarakat, Enggano akan menjadi pulau wisata ditengah Samudra yang memiliki konsep One Island One Resort. Hal ini lantaran potensi wisata di Pulau Enggano cukup menjanjikan apabila dikelola dengan baik."Dalam waktu dekat secara bertahap semua akan kita upayakan untuk direalisasikan," ujarnya.

Camat Pulau Enggano, Marlansius mengatakan, kondisi pulau Enggano memang sangat butuh perhatian serius. Karena selama ini masyarakat selalu mengalami kesulitan transportasi dari Bengkulu ke Pulau Enggano. Dampaknya sangat besar untuk ekonomi masyarakat," ungkap Marlansius. Diharapkan dengan kehadiran Gubernur ini akan memberikan dampak positif selain dapat menerima aspirasi masyarakat, menaikkan moril dan memberikan solusi terbaik untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif di Pulau Enggano. Dengan kehadiran Gubernur mudah-mudahan segera terjadi perubahan. 

 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan
Kamis, 13 Februari 2020
Tinjau Kesiapan Pemprov Cegah Karhutla, Kapolri dan Panglima TNI Besok Kunjungi Riau