3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Kasau : Kobarkan Semangat Swa Bhuwana Paksa

Kamis, 9 April 2020 15:38:06 - Oleh : admin - Dibaca : 250 kali

Kasau : Kobarkan Semangat Swa Bhuwana Paksa

Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Hesly Paat bertindak selaku Inspektur Upacara HUT TNI AU ke-74 di dalam Gedung Cakrawala Lanud Abd Saleh, Kamis, (9/4). Upacara diikuti para pejabat dan perwakilan personel Lanud Abdulrachman Saleh dan Insub dengan jumlah minimal dengan menerapkan protokol kewaspadaan pencegahan wabah covid 19.

Dalam sambutannya Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M. yang dibacakan oleh Komandan Lanud Abd Saleh menyampaikan "Kita ketahui bersama bahwa saat ini rakyat Indonesia sedang berjuang mengatasi pandemi Covid-19 yang menyebar di berbagai wilayah di tanah air. Denyut nadi pembangunan seakan berhenti, rakyat pun hidup dalam rasa cemas. Karenanya, Upacara Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Udara diselenggarakan dengan cara yang paling sederhana ".

Ditambahkan, "Sampai saat ini, perjalanan sejarah TNI Angkatan Udara telah membentang sepanjang 74 tahun. Keping-keping epik kepahlawanan  di dalamnya bukanlah narasi bohong atau kisah fiksi sia-sia. Sejatinya, TNI Angkatan Udara telah berulang kali menaklukkan badai, menggulung ombak, dalam rangka mengibarkan panji-panji kebesaran negara. Maka, tema peringatan adalah "Kobarkan Semangat Swa Bhuwana Paksa untuk Membangun Indonesia Maju dan TNI Angkatan Udara Unggul". Semangat Swa Bhuwana Paksa yang dibangun dan ditumbuhkembangkan oleh para pendahulu, kini telah bersinergi dengan visi pemerintah Presiden Joko Widodo, meneruskan jalan-perubahan Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian gotong royong", tambahnya.

Pada bagian akhir Kasau menyampaikan hasil kinerja dan pencapaian TNI AU dalam bidang operasi, latihan, pemeliharaan alutsista, kesejahteraan personel, laporan keuangan, pengembangan organisasi dan pesan moralnya menjelang akhir dinas prajurit aktif beberapa waktu ke depan. Dalam pesannya Marsekal TNI Yuyu mengingatkan pertama jenjang kepemimpinan dan pengabdian prajurit TNI AU merupakan amanah dari Tuhan dan rakyat Indonesia yang harus dipertanggungjawabkan di dunia maupun di akhirat kelak dan kedua berupaya menerapkan falsafah Tri Sakti Viratama, berkarakter luhur, memiliki ilmu yang bermanfaat serta  menjaga kesemaptaan jasmani.

Pada upacara tersebut dibacakan lintasan sejarah pengabdian TNI Angkatan Udara hingga 2020, penyematan dan penyerahan tanda kehormatan kepada empat perwakilan personel bintara, tamtama dan PNS yang menerima Tanda Kehormatan dari Presiden RI berupa Satya Lencana Kesetiaan 8,16 dan 24 tahun. Selanjutnya diadakan syukuran secara sederhana berupa pemotongan nasi kuning yang dilakukanDanlanud Abd Saleh yang diserahkan kepada Danwing 2 Kolonel Pnb Reza R.R. Sastranegara, S.Sos., M.A.P., selaku Dansatgas Tumpas Covid 19 Lanud Abd Saleh.  Upacara dihadiri Dandepohar 30 Kolonel Tek Semri Bija, S.E., para Kepala Dinas  serta para komandan satuan di jajaran Lanud Abd Saleh dan insub.     

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan