3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Kemenko Marves RI Percepat Penertiban Area Lego Jangkar dan Investasi Kemaritiman di Perairan Kepri

Rabu, 29 Juli 2020 12:27:29 - Oleh : admin - Dibaca : 87 kali

Kemenko Marves RI Percepat Penertiban Area Lego Jangkar dan Investasi Kemaritiman di Perairan Kepri

Kemenko Marves RI terus mengejar percepatan upaya untuk merevitalisasi area lego jangkar di perairan Provinsi Kepri bersama kementerian dan instansi lainnya.

Danguskamla Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T. sejak awal kegiatan telah diperintahkan Pangkoarmada I, Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., MM untuk mengikuti secara intens kegiatan perkembangan kegiatan tersebut. 

Rapat yang dilaksanakan beberapa kali baik secara langsung maupun daring bahkan rombongan Menteri koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Jenderal Purn. Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu menyempatkan hadir langsung di Batam untuk memimpin langsung rapat dan melakukan peninjauan lapangan.

Direktorat Informasi Bea san Cukai menyampaikan paparan terkait BLE (Batam Logistic Ekosistem) yang merupakan sebuah system terpadu one gate system terdiri dari sejumlah portal layanan bagi penggunaan laut utk memudahkan dan menyederhanakan proses perijinan. Danguskamla I menyampaikan komentar agar dalam system tersebut juga dapat mengakomodasi aspek "Security & Prosperity" sehingga aparat penegak hukum dilapangan mendapatkan akses informasi perijinan yang "clear/unclear" bagi kapal kapal yang melakukan aktivitas sehingga hal tersebut akan mempermudah identifikasi penindakan kapal kapal yg belum clear dalam hal perijinannya untuk dilaksanakan penindakan oleh penegak hukum dilaut. Hal tersebut direspon positif oleh pimpinan rapat, Deputy Bidang koordinasi Sumberdaya Maritim Kemenko Marvest RI dan Staf Khusus Bidan Keamanan dan Ketahanan Maritim, Laksamana Purn. Prof. DR Marsetio.

Sejak terbitnya Permenhub RI tentang area lego jangkar di Prov Kepri, Guskamla Koarmada I telah menggelar operasi dan mengidentifikasi sejumlah kapal yang beraktifitas di area lego resmi serta menangkap 5 buah kapal oleh KRI Alamang yang dikomandani Letkol Laut (P) Moechamad Fuad Hasan, S.E., MDDS dan KRI Silea 858 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Marlin Silian Sibarani. S.E. yang berada dibawah kemdali operasi Guskamla Koarmada I. Keberadaan kapal kapal  yang ditangkap tersebut patut di duga "BLACK SHIPS" karena telah lego dalam waktu lama, tidak menghidupkan AIS, tidak ada ijin lego jangkar, dokumen dan ABK tidak ada serta tidak melapor ke VTS Batam. Guskamla Koarmada I akan terus mengintensifkan ops Kamla disejumlah area di wilayah kerja Koarmada I dan bersinergi dengan Lanal, Lantamal maupun instansi terkait lainnya, demikian disampaikan Danguskamla Koarmada I. 

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan