7a65faf4a6a36478de84f91dd70ddeea.jpg  

JABATAN KASUM TNI DISERAHTERIMAKAN

Senin, 2 Januari 2006 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 2464 kali

         PUSPEN TNI (2/1) - Jabatan Kepala Staf Umum (Kasum TNI) dan Inspektur Jenderal (Irjen) TNI diserahterimakan di ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, dengan Inspektur Upacara Panglima TNI Jenderal TNI Endriartono Sutarto, Senin (2/1), dihadiri oleh Kasad Jenderal TNI Djoko Santoso, Kasal Laksamana TNI Slamet Subijanto, Kasau Marsekal TNI Djoko Suyanto serta para pejabat teras di lingkungan Mabes TNI.

          Pergantian tersebut dikarenakan pejabat lama yaitu Marsdya TNI Wartoyo SIP (Kasum TNI) dan Letjen TNI Djadja Suparman (Irjen TNI) memasuki masa pensiun. Kasum TNI saat ini dijabat oleh Letjen TNI Endang Suwarya yang sebelumnya menjabat Wakasad, sementara Irjen TNI dijabat oleh Laksamana Madya TNI Sumardjono yang sebelumnya menjabat Dansesko TNI.

          Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI merupakan salah satu bagian dari proses pembinaan organisasi secara menyeluruh, khususnya di bagian personel yang dilakukan secara konsisten agar kinerja TNI dapat dilakukan secara maksimal sesuai dengan peran, tugas dan fungsinya masing-masing. “Jabatan Kasum TNI dan Irjen TNI merupakan jabatan strategis dalam konteks pembangunan dan penggunaan selaku kekuatan Pertahanan,â€? katanya.

          Lebih lanjut dikatakan, Kasum TNI merupakan pembantu utama Panglima TNI yang memiliki tanggungjawab terhadap perumusan kebijakan di dalam pembangunan dan penggunaan kekuatan TNI. Sementara Irjen merupakan pembantu utama Panglima TNI dalam melaksanakan fungsi menajemen utamanya di bidang pengawasan internal terhadap kinerja organisasi. Keberhasilan di dalam mengimplementasikan tugas pada jabatan tersebut akan sangat mewarnai keberhasilan pelaksanaan tugas TNI secara keseluruhan.

          “Profesionalisme tingkat keprajuritan akan menjadi tuntutan utama di setiap penugasan satuan jajaran TNI. Dengan demikian TNI harus mampu untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Sementara di sisi lain TNI dibatasi terhadap peran dan fungsi sesuai dengan aturan dan UU yang berlaku,“ tambahnya.

          “Situasi di dalam negeri, lanjut Panglima TNI, masih diwarnai dengan keprihatinan, mayoritas masyarakat masih berjuang mengatasi kemiskinan dan kesulitan hidup akibat dari kondisi perekonomian nasional maupun internasional yang masih mengalami gejolak. Seiring kondisi tersebut, anggaran TNI menjadi sesuatu yang mengemuka. Untuk itu TNI dituntut transparansi dalam hal ini. Sementara anggaran yang terbatas tersebut harus bisa dikelola dan dipertanggungjawabkan dengan maksimal agar lebih berhasil guna dan berdaya guna di dalam melaksanakan dan meningkatkan operasional TNI.

          Untuk itu Panglima TNI mengharapkan agar seluruh jajaran pimpinan di strata TNI agar senantiasa berorientasi pada efektifitas manajemen untuk mampu menggunakan sumber daya yang terbatas secara selektif dan efisien melalui kebijakan optimalisasi pembinaan dengan berskala prioritas secara tajam, yang disertai dengan pengawasan fungsional maupun melekat. Dengan demikian TNI dapat menjaga kesiapan dan kesiagaan operasional jajaran TNI secara optimal guna memenuhi tuntutan tugas TNI yang semakin berat.

          Diakhir amanatnya, Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas pengabdian kepada kedua perwira tinggi yang akan memasuki masa pensiun tersebut, dan kepada pejabat baru Panglima TNI mengharapan agar jabatan yang merupakan amanah dan kehormatan tersebut mampu dipertanggungjawabkan dan diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas di dalam meningkatkan kemampuan TNI, mengabdikan diri kepada negara dan bangsa.

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 18 November 2021
Resmi Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto
Jum`at, 3 September 2021
Panglima TNI Raker di Komisi I DPR RI
Jum`at, 23 Juli 2021
Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes kepada Masyarakat Papua
Selasa, 8 Juni 2021
Pekuat Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro di Daerah, Tim Gabungan TNI dan Polri Dilibatkan
Kamis, 27 Mei 2021
Panglima TNI dan Kapolri Kembali Kunjungi Papua