3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Danrem 172/PWY Berharap Keberadaan Paguyuban Dapat Membantu Penyelesaian Konflik di Papua

Jum`at, 7 Agustus 2020 13:13:51 - Oleh : admin - Dibaca : 77 kali

Danrem 172/PWY Berharap Keberadaan Paguyuban Dapat Membantu Penyelesaian Konflik di Papua

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan berharap dengan keberadaan paguyuban masyarakat pendatang di Bumi Cenderawasih dapat membantu upaya Pemerintah dalam penyelesaian Konflik di tanah Papua.

Hal tersebut ia sampaikan dalam kegiatan Komunikasi Sosial Danrem 172/PWY bersama Paguyuban masyarakat pendatang di Aula Makorem 172/PWY, Kamis (6/8), dengan tema "Perkuat Kohesi Sosial Di Papua". Dihadiri sebanyak 80 orang yang merupakan ketua maupun perwakilan dari setiap paguyuban-paguyuban di wilayah Korem 172/PWY.

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan Paguyuban di Papua bukan sebagai massa tandingan serta bukan sebuah ancaman bagi masyarakat pribumi. Untuk itu, masyarakat paguyuban harus mengambil bagian dalam kerangka keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga keberadaannya dapat menciptakan kedamaian di tanah Papua.

"Kita melaksanakan komunikasi dengan Paguyuban karena memang di daerah ini masyarakat pendatang cukup banyak dan semakin hari semakin bertambah jumlahnya sehingga perlu kita tempatkan dan libatkan di dalam format penyelesaian konflik Papua. Karena kita ketahui sampai dengan hari ini konflik di Papua masih berlangsung dan masih belum tuntas kita selesaikan", kata Izak.

Penyelesaian konflik Papua tidak bisa hanya diselesaikan oleh TNI dan Polri saja, tetapi harus melibatkan semua pihak yang ada di sini, khususnya mereka masyarakat pendatang yang tinggal dan bersentuhan langsung dengan konflik sejak awal sampai dengan hari ini. 

"Itulah pentingnya kita melaksanakan komunikasi sosial agar ada pemahaman yang sama tentang konflik ini.  Masyarakat pendatang (paguyuban) juga harus tahu posisi dan sektor yang bisa dilakukan untuk membantu kami dalam menangani konflik daerah ini", lanjutnya.

Sementara itu Humas Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Drs. Tajuddin Muntu sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh korem 172/PWY dengan menjalin silaturahmi dan komunikasi secara langsung dengan seluruh Paguyuban yang ada di Papua ini.

"Semua yang hadir disini megapresiasi upaya-upaya yang dilakukan oleh Korem 172/PWY dalam menyelesaikan konflik yang ada di tanah Papua. Seperti hari ini, kami bisa bertemu langsung dengan Danrem dan saling bertukar fikiran dalam membantu pemerintah untuk mencapai tujuan Papua yang damai", ujarnya.

"Kami juga siap bergandengan tangan dengan saudara kami orang asli Papua dalam membangun Papua yang maju dan sejahtera. Kami juga berharap agar konflik yang berkepanjangan ini segera selesai sehingga di tanah Papua ini hanya ada kedamaian dan kesejahteraan", lanjutnya. 

Pada kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19 dengan cuci tangan, pakai masker, serta dilaksanakan juga pembagian masker merah putih gratis oleh Danrem 172/PWY kepada seluruh tamu undangan yang hadir. 

Smiley face
 
Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan