3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Pelatihan Membatik Bersama Dharma Pertiwi Secara Virtual

Jum`at, 2 Oktober 2020 23:49:10 - Oleh : admin - Dibaca : 103 kali

Pelatihan Membatik Bersama Dharma Pertiwi Secara Virtual

Pelatihan Membatik Bersama Dharma Pertiwi Secara Virtual di masa Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang diikuti 3000 peserta dari Sabang sampai Merauke, bertempat di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (2/10/2020).

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny Hetty Andika Perkasa, Ketua Umum Jalasenastri Ny Veronica Yudo Margono, Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny Inong Fadjar Prasetyo, Ketua Harian Dharma Pertiwi dan IKKT, para Ketua Bakoor dan Ketua Dharma Pertiwi Daerah Se-Indonesia.

Pada acara tersebut diawali dengan penjelasan mengenai Keanekaragaman Batik Nusantara oleh Bapak Didiet Maulana IKAT Indonesia.Juga turut hadir Ibu Kris dari Museum Tekstil yang menerangkan dan mengajarkan para peserta mengenai bagaimana cara membatik yang baik dan benar.

Kegiatan tersebut didukung oleh tim dari Pusdatin Kemendikbud RI sebagai pendukung dalam penyelenggara kegiatan pelatihan membatik secara daring.

Kegiatan pelatihan membatik bersama secara virtual diharapkan dapat membantu upaya pembangunan ekonomi yang dapat mempengaruhi sektor perekonomian nasional, diantaranya adalah dapat menjadi lapangan usaha yang mandiri bagi jutaan orang yang berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat yang terlibat di dalamnya.

Selain itu, Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain yang diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Saat ini kemajuan dan perkembangan batik tidak diimbangi oleh regenerasi para pembatik itu sendiri. Minimnya regenerasi para pembuat batik menjadikan jumlah mereka makin lama makin sedikit dan didominasi oleh kaum tua.

Memang diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam membatik, tapi bukan berarti kesabaran dan ketelitian itu hanya dimiliki oleh kaum tua saja, sehingga hanya mereka yang mampu membuatnya. Agar eksistensi batik Indonesia tetap terjaga di masa mendatang. 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Jum`at, 16 Oktober 2020
Edutainment WEBINAR Pasis Dikreg XLVII Sesko TNI
Kamis, 1 Oktober 2020
Lomba Essai Pelajar Indonesia
Kamis, 1 Oktober 2020
Lomba Vlog Sesko TNI 47
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan