3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Mengenal Potensi Kopi Arabika Lembah Baliem Wamena di Ujung Timur Indonesia

Selasa, 13 Oktober 2020 14:28:20 - Oleh : admin - Dibaca : 119 kali

Mengenal Potensi Kopi Arabika Lembah Baliem Wamena di Ujung Timur Indonesia

BAGI PENIKMAT KOPI, SUDAH BARANG TENTU MENGENAL BERBAGAI JENIS KOPI YANG ADA DI INDONESIA DARI SABANG SAMPAI MERAUKE, KITA MEMILIKI KOPI KHAS MASING-MASING DAERAH. KONDISI ALAM TROPIS MEMBUAT KOPI DAPAT TUMBUH SUBUR DAN MENGHASILKAN PUNDI-PUNDI RUPIAH BAGI PARA PETANINYA.

SEDANGKAN DI PAPUA YANG TERKENAL ADALAH KOPI WAMENA. SEJENIS KOPI ARABIKA INI TUMBUH SUBUR  DI WILAYAH DENGAN KETINGGIAN KURANG LEBIH 15.000 KAKI DARI PERMUKAAN LAUT (4.572 M) DENGAN SUHU RATA-RATA BERKISAR 20 S.D. 25 DERAJAT CELSIUS. KOPI-KOPI INI MERUPAKAN KOPI YANG DIKLAIM MEMILIKI KUALITAS TERBAIK YAKNI KANDUNGAN KAFEIN YANG SEDIKIT/RENDAH,  MEMILKI AROMA YANG WANGI DAN KHAS SERTA BERTEKSTUR SOFT, SEHINGGA BAGI PENIKMATNYA MERASAKAN KEPUASAN TERSENDIRI KARENA RASA YANG MUNCUL SETELAH MEMINUMNYA MERASAKAN MANIS DI LIDAH.

TEMPAT BUDIDAYA TANAMAN KOPI DI WAMENA SALAH SATUNYA TERLETAK DI KAMPUNG YAGARA DISTRIK WALESI KABUPATEN JAYAWIJAYA, BAPAK MAXIMUS LANI CONTOHNYA SALAH SEORANG WARGA KAMPUNG YAGARA YANG MENEKUNI BERTANI TANAMAN KOPI SEKALIGUS SEBAGAI PENGUSAHA KECIL YANG KONSISTEN INGIN MEMAJUKAN PRODUK LOKA KOPI WAMENA.

PENANAMAN TANAMAN KOPI DI KAMPUNG YAGARA INI MASIH TERBILANG DILAKUKAN SECARA TRADISIONAL CONTOHNYA DALAM MENGGARAP TANAH HANYA MENGGUNAKAN ALAT PERTANIAN SEADANYA, BERBEKAL TANAH YANG SUBUR UMUMNYA PARA PETANI KAMPUNG YAGARA DALAM MERAWAT TANAMAN KOPI CUKUP MEMANFAATKAN PUPUK ORGANI SELAIN MELAKUKAN PEMBERSIHAN.

BAHWA, AWALNYA PENGELOLAAN HASIL PANEN BUAH KOPI DARI PENGUPASAN SAMPAI KEPADA PENGGILINGAN/PRODUKSI MASIH MENGGUNAKAN ALAT TRADISIONAL. NAMUN BEBERAPA TAHUN BELAKANGAN INI PRODUKSI KOPI DI WILAYAH WAMENA MULAI ADA PERHATIAN DARI PEMERINTAH DAERAH YAKNI DENGAN ADANYA PEMBERIAN BANTUAN BERUPA MESIN PENGGILING KOPI.

PERLU DIKETAHUI BAHWA, MAXIMUS LANI ADALAH SALAH SATU PETANI YANG MERUPAKAN PETANI KOPI BINAAN KODIM 1702/JAYAWIJAYA, DI MANA PADA TAHUN 2017 PERNAH MEWAKILI PETANI KOPI WAMENA MENGIKUTI PAMERAN REMBUK KOPI NUSANTARA DI JAKARTA YANG DISELENGGARAKAN OLEH KEMENTRIAN KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA BEKERJASAMA DENGAN TNI AD DALAM HAL INI PUSAT TERITORIAL ANGKATAN DARAT (PUSTERAD). DALAM KEGIATAN TERSEBUT MAXIMUS LANI DIDAMPINGI OLEH SERTU ARI GUNAWAN BABINS KODIM 1702/JAYAWIJAYA. DIHARAPKAN DENGAN KEIKUTSERTAAN MENGIKUTI PAMERAN TERSEBUT, KOPI ARABIKA WAMENA DAPAT DIKENAL SECARA LUAS BAIK DI DALAM NEGERI MAUPUN DI LUAR NEGERI.

KEIKUTSERTAAN PETANI KOPI DARI WAMENA TIDAK LUPUT DARI PERAN SERTA PEMERINTAHAN DAERAH DAN PIHAK TNI DALAM HAL INI KODIM 1702/JAYAWIJAYA SELAKU KOMANDO KEWILAYAHAN TINGKAT DISTRIK MELALUI BABINSANYA YAKNI SELAIN MEMBANTU PENYULUHAN JUGA MEMBANTU DALAM MEMPROMOSIKAN DAN MEMASARKANNYA BAIK ITU DI SWALAYAN MAUPUN TOKO-TOKO YANG ADA DI SEKITAR KOTA WAMENA. SEMENTARA UNTUK PEMASARAN KELUAR DAERAH MASIH BELUM BISA TERPENUHI KARENA MASIH TERBATASNYA PRODUKSI.

NAMUN DEMIKIAN, DIHARAPKAN PEMERINTAH DAERAH DIBANTU APARAT TNI DAN PENGUSAHA LOKAL UNTUK LEBIH GENCAR LAGI MENDORONG PARA PETANI TANAMAN KOPI JENIS ARABIKA INI SECARA LUAS DI WILAYAH WAMENA, AGAR DAPAT MENGHASILKAN PRODUK KOPI WAMENA YANG BERKUALITAS SERTA DAPAT MENINGKATKAN PRODUKSI YANG SIAP BERSAIN DIPASARAN LOKAL MAUPUN REGIONAL.

PERLU DIKETAHUI PULA BAHWA, SUDAH ADA SALAH SATU PENGUSAHA YANG TELAH MEMBELI HASIL PERTANIAN KOPI KAMPUNG YAGARA, YAKNI PT. GARUDA MAS - JAYAPURA PIMPINAN BAPAK PHIETER. HAL INI MERUPAKAN ANGIN SEGAR BAGI PARA PETANI KOPI ARABIKA WAMENA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN  EKONOMINYA SERTA ADA WACANA AKAN MEMBANGUN TEMPAT WISATA KOPI UNTUK MEMPROMOSIKAN DAERAH MAUPUN TANAMAN KOPI.

 

PENULIS : SATTER KODIM 1702/JAYAWIJAYA

 

 

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan