3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Manfaatkan Lahan Kosong, Satgas Pamtas Yonif RK 744/ SYB Buat Kebun Edukasi Di Pos Perbatasan

Selasa, 20 Oktober 2020 16:02:20 - Oleh : admin - Dibaca : 189 kali

Manfaatkan Lahan Kosong, Satgas Pamtas Yonif RK 744/ SYB Buat Kebun Edukasi Di Pos Perbatasan

Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB melaksanakan pembuatan kebun dalam rangka memberikan edukasi pada masyarakat perbatasan RI-RDTL, dengan memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam di Pos Nunura, Kecamatan Raihat  NTT.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Selasa (20/10/2020).

Dansatgas mengatakan, keberadaan kebun nantinya akan menjadi kebun percontohan yang dapat dimanfaatkan pos untuk belajar cara bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar halaman rumahnya.

"Sehingga Personel Pos memiliki kemampuan dalam pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran, ataupun tanaman obat keluarga," katanya.

"Selain itu nantinya hasil tanaman ini dapat memenuhi kebutuhan sendiri dan mengurangi ketergantungan pangan dari luar, dengan pangan yang lebih sehat dan segar artinya ketahanan pangan dapat terwujud," tambahnya.

Dansatgas menyampaikan harapannya, agar semua Personel pos yang mempunyai lahan kosong atau pekarangan Pos, dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam sayuran yang nantinya bisa dikonsumsi sendiri  atau hasilnya bisa untuk berbagi dengan warga masyarakat

"Lebih lanjut dijelaskannya, selain membawa manfaat nilai ekonomi, pemanfaatan lahan kosong ini juga akan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat. Apalagi di pos Nunura merupakan dataran rendah dengan tanah yang subur dan memiliki suhu yang relatif sejuk sehingga cocok tanaman produktif jenis sayuran seperti cabai, terong, ketimun, kacang panjang, dan sawi," jelasnya.

"Tentunya dengan lingkungan bersih, masyarakat akan memiliki lingkungan tempat tinggal yang lebih sejuk, bebas dari polusi udara, terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kotor serta tidak sehat," pungkasnya. 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan