3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Semangat Kawal Kedaulatan NKRI Di Tapal Batas

Senin, 26 Oktober 2020 13:58:43 - Oleh : admin - Dibaca : 179 kali

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Semangat Kawal Kedaulatan NKRI Di Tapal Batas

Sebagai satuan tugas pengamanan perbatasan RI - RDTL yang memiliki tugas pokok menjaga keamanan wilayah dan kedaulatan negara, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik laksanakan patroli patok batas yang berada di perbatasan antara negara RI-RDTL Sektor Barat. 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr.(Han)., melalui rilisnya di Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Jum'at (23/10/2020). 

Diterangkan Dansatgas, tujuan dilaksanakannya patroli patok adalah untuk mengetahui dan memastikan kondisi patok batas negara tidak bergeser ataupun mengalami kerusakan baik akibat kondisi alam maupun hal lain karena ini menyangkut tentang batas-batas kedaulatan negara khususnya Indonesia.

"Melaksanakan patroli patok bukan perkara mudah, sebagian besar patok batas negara ini harus ditinjau dengan menempuh jarak yang jauh dan waktu yang tidak sebentar, setiap prajurit harus memiliki keterampilan navigasi darat atau membaca peta yang lihai serta dibutuhkan fisik yang prima dalam melintasi segala bentuk medan yang rata-rata merupakan ketinggian dan lembah untuk menuju kesana," ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakan, penugasan menjaga wilayah perbatasan merupakan salah satu Operasi Militer Selain Perang, dimana hal tersebut menjadi kewajiban serta tanggung jawab kami sebagai TNI untuk menjalankannya.

"Seluruh prajurit Satgas Yonarmed 3/105 Tarik telah melewati rangkaian seleksi khususnya fisik serta dibekali kemampuan agar mampu menghadapi setiap tantangan dan hambatan dalam rangka menunaikan tugasnya, sehingga segala rintangan dan hambatan dalam melaksanakan patroli patok ini dapat dilalui dengan baik," imbuhnya. 

Kegiatan patroli patok tersebut dilaksanakan oleh Pos Nilulat di bawah pimpinan Danpos Sertu Iswandi beserta beberapa anggotanya, dengan melewati medan berupa ketinggian, lembah, jurang dan bebatuan  licin di bawah teriknya matahari menuju setiap patok batas negara yang menjadi tanggung jawab posnya. 

Mental, fisik, kecermatan serta semangat yang tinggi adalah modal utama dalam melaksanakan patroli patok batas negara karena dalam menemukan patok-patok tersebut bukanlah melalui jalan datar, medan yang ringan untuk dilalui serta jarak yang dekat.

"Sebelum menjalankan tugas operasi ini kami harus melakukan persiapan fisik dan materiil yang dibawa dengan sebaik-baiknya, karena menjalankan tugas operasi ini adalah panggilan jiwa dan suatu kehormatan bagi kami. Kami juga tidak lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu dilindungi dan dimudahkan dalam menunaikan amanah dan kepercayaan ini", ucap Iswandi.

Selanjutnya hasil peninjauan patok-patok batas negara disepanjang perbatasan ini, baik kondisi, perubahan posisi maupun jika ada patok yang hilang untuk dilaporkan kepada Komando Atas. 

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Jum`at, 16 Oktober 2020
Edutainment WEBINAR Pasis Dikreg XLVII Sesko TNI
Kamis, 1 Oktober 2020
Lomba Essai Pelajar Indonesia
Kamis, 1 Oktober 2020
Lomba Vlog Sesko TNI 47
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan