3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Cinta Budaya NTT, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Perbaiki Rumah Adat

Senin, 26 Oktober 2020 14:00:13 - Oleh : admin - Dibaca : 181 kali

Cinta Budaya NTT, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Perbaiki Rumah Adat

Rumah Adat merupakan suatu warisan budaya leluhur  masyarakat Indonesia, masing-masing daerah memiliki ciri, fungsi dan bentuk khas budaya rumah adat yang berbeda.

Tidak ada kata berhenti bagi Satgas Yonarmed 3/105Tarik untuk semakin meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaannya dengan masyarakat di perbatasan, salah satunya seperti yang dilakukan oleh anggota Pos Ailala. Selama masih berada di tengah-tengah masyarakat, maka sambil melaksanakan tugas pokoknya menjaga keamanan di perbatasan, mereka juga turut ikut membantu masyarakat yang kesulitan dengan cara memperbaiki rumah adat warganya di Desa Alas Utara.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim,S.I.P.,M.Tr.(Han)., dalam rilisnya di Desa Alas Utara, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (24/10/2020). 

Diterangkan Dansatgas, budaya daerah harus selalu kita jaga, agar warisan budaya leluhur ini tetap lestari. Bagi masyarakat Indonesia budaya merupakan suatu bentuk rasa cinta dan bangga terhadap tanah kelahirannya, di samping itu keberagaman budaya ini jugalah yang telah mempersatukan bangsa ini.

"Kegiatan memperbaiki rumah adat ini merupakan upaya dalam menjalin kedekatan antara Satgas dengan masyarakat di wilayah perbatasan terutama di Desa Alas Utara dalam membantu meringankan beban masyarakat sekaligus sebagai ajang silaturahmi sebab dari rakyatlah TNI dilahirkan," ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini dipimpin oleh Danpos Ailala Letda Arm Andri Eko bersama beberapa anggotanya membaur dengan masyarakat setempat bahu-membahu memperbaiki Rumah Adat yang ada di desa binaannya.

"Kegiatan ini sangat unik, kami anggota pos dengan masyarakat terlihat sangat kompak saat saling membantu menaikkan alang-alang ke atap, sesekali kami saling tertawa dan bercanda layaknya seperti saudara sendiri. Harapan kami, dengan kegiatan ini dapat terjalin kebersamaan, kekompakan serta interaksi dan hubungan yang baik antara kami dengan masyarakat disini," imbuhnya.

Sementara itu, Bapak Marcel Moruk (45) selaku Tokoh Adat mewakili masyarakat Desa Alas Utara mengucapkan rasa terima kasih kepada personel Pos Ailala Satgas Yonarmed 3/105 Tarik yang selalu peduli kepada warga Desa Alas Utara.

"Kami sangat berhutang budi kepada bapak Pos yang selalu membantu kami, anggaplah kami ini sebagai keluarga sendiri supaya kita semakin dekat," ujarnya. 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan