3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

60 Perwira AAL Ikuti Sarasehan Perwira Korps Khusus TNI AL Tahun 2020

Kamis, 19 November 2020 15:24:12 - Oleh : admin - Dibaca : 114 kali

60 Perwira AAL Ikuti Sarasehan Perwira Korps Khusus TNI AL Tahun 2020

Sedikitnya 60 Perwira Korps Khusus yang berdinas di Akademi Angkata Laut (AAL) mengikuti kegiatan Sarasehan Perwira Korps Khusus Tahun 2020 yang dibuka Asisten Personel Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksda TNI I Nyoman Mandra, M.Sc., CHRMP. secara virtual yang digelar di gedung Maspardi, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Rabu (18/11).

Sarasehan virtual yang menggunakan aplikasi Zoom Meeting ini diselenggarakan oleh Dinas Hukum TNI Angkatan Laut dari Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur yang diikuti seluruh Kotama TNI AL di wilayah Indonesia.

Sarasehan yang mengusung tema "Membangun SDM Perwira Korps Khusus dalam Mendukung Tugas TNI AL" ini, dibuka Aspers Kasal yang menyampaikan salah satu program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo margono, S.E.,M.M. tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul yang dimulai dari proses rekrutmen, pendidikan, kesejahteraan prajurit serta menata Manajemen SDM.

Sebelum acara sarasehan dimulai, Direktur Personel Akademi Angkatan Laut (Dirpers AAL) Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd., M.A.P selaku Pembina Korps Khusus di AAL mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh Perwira Korps Khusus AAL pada acara sarasehan dalam rangka memberikan pembekalan dan pencerahan tentang dinamika pengabdian Korps Khusus di TNI AL.

Menurutnya, sarasehan Perwira Korps Khusus TNI AL tahun ini dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) pada prinsipnya mengingat pada saat ini sedang terjadi pandemik Covid-19, yang mengakibatkan tidak memungkinkan apabila dilaksanakan tatap muka, sehingga sarasehan Korps Khusus TNI AL tahun ini dilaksanakan secara daring.

Sarasehan ini lanjut Dirpers AAL, diisi dengan pencerahan Kadiskum TNI AL Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM., Ph.D., Kadisbintal TNI AL Laksma TNI Drs. Ian Heriyawan dan Kadispsi TNI AL Laksma TNI Wiwin Dwi Handayani, S.Psi., M.Si. Selain itu peserta sarasehan juga mendapat pencerahan dari motivator terkenal dari Surabaya yaitu Adri Suyanto, S.H.

Kadiskum TNI AL, selaku Pembina Korps Khusus TNI AL mengungkapkan bahwa perwira Korps  Khusus merupakan bagian dari satu kesatuan pembinaan personel di lingkungan TNI AL yang cukup banyak berkiprah diberbagai bidang penugasan.

"Saya berharap agar para Perwira Korps Khusus terus dapat menyumbangkan darma baktinya kepada TNI AL, oleh karena itu sarasehan ini merupakan salah satu ajang silaturahmi dan saling berbagi, saling mengoreksi untuk memberi masukan bagaimana sebaiknya pembinaan Korps Khusus ini untuk bisa lebih baik, walaupun pada saat ini juga ada pembinaan profesi yang dalam suatu posisi kadang-kadang lebih dominan, tetapi selaku Pembina Korps Khusus saya biasanya juga selalu diminta tanggapannya ketika bicara mengenai masalah pendidikan, mengenai masalah penempatan jabatan dan karir," ungkap Kadiskum TNI AL.

Kadiskum juga mengajak para peserta sarasehan untuk saling mengisi diri, saling mengoreksi untuk hal yang terbaik demi semakin berkiprahnya Korps Khusus di masa yang akan datang.

"Kalau boleh saya berpesan mari selalu kita tingkatkan karakter kita, profesionalisme kita, moral kita, dedikasi kita kepada pemenuhan tugas TNI Angkatan Laut, tugas TNI demi menjadi bagian dari pengabdian kita kepada bangsa dan negara," pungkasnya.

Sementara itu motivator Adri Suyanto, S.H. dalam pencerahannya yang bertajuk Awareness and Ownership to Execellence Execution menyampaikan panjang lebar mengenai bagaimana cara meninstall Awareness and Ownership  pada diri pribadi kita masing-masing.

Meski kocak dalam menyampaikan materinya, pria lulusan Fakultas Hukum Unair Surabaya ini tetap sarat akan keilmuan tentang bagaimana agar orang-orang disekitar kita dapat bekerja sesuai dengan target yang dinginkan organisasi. Menurutnya, ada tiga hal yang perlu diketahui tentang kriteria seseorang, yaitu Skill, Value dan Mood Booster dari sesorang tersebut.Sedangkan Skill tersebut berisikan Knowledge, Competency dan Capacity.

 

 

Smiley face
 
Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Selasa, 1 Desember 2020
Baliho Sinergi Untuk Negeri
Jum`at, 16 Oktober 2020
Edutainment WEBINAR Pasis Dikreg XLVII Sesko TNI
Kamis, 1 Oktober 2020
Lomba Essai Pelajar Indonesia
Kamis, 1 Oktober 2020
Lomba Vlog Sesko TNI 47
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 8 Oktober 2020
Panglima TNI dan Kapolri Raih Penghargaan Tokoh Publik Indonesia Award 2020
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan